Tips Mengatasi Dan Mencegah Keputihan

Keputihan adalah keluarnya cairan bening dari vagina yang berwana bening atau putih susu. Keputihan menjadi salah satu atau gejala adanya kelainan pada organ reproduksi wanita. Kelainan tersebut dapat berupa infeksi, polip leher rahim, keganasan (tumor atau kanker) serta adanya benda asing. Penyebab keputihan yang harus diwaspadai adalah kurangnya menjaga kesebersihan organ intim wanita, pola hidup […]

Keputihan adalah keluarnya cairan bening dari vagina yang berwana bening atau putih susu. Keputihan menjadi salah satu atau gejala adanya kelainan pada organ reproduksi wanita. Kelainan tersebut dapat berupa infeksi, polip leher rahim, keganasan (tumor atau kanker) serta adanya benda asing. Penyebab keputihan yang harus diwaspadai adalah kurangnya menjaga kesebersihan organ intim wanita, pola hidup yang tidak sehat,  stres yang semakin memperparah dan mempengaruhi keputihan yang keluar semakin banyak, riwayat adanya suatu penyakit yang memiliki hubungan langsung dengan organ intim wanita, dll.

Ada dua jenis keputihan pada wanita, yaitu keputihan yang sifatnya normal dan tidak normal. Keputihan normal biasanya terjadi menjelang dan sesudah haid, di saat dalam keadaan mengalami rangsangan seksual dan mengalami stress emosional. Sedangkan keputihan tidak normal adalah keputihan yang ditandai dengan gejala lendir yang keluarnya dengan berlebihan warnanya putih atau warna kekuningan dan bau.

Tips Mengatasi Dan Mencegah Keputihan

  1. Hindari stres.
  2. Selalu menerapkan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.
  3. Selalu menjaga kebersihan organ intim wanitaan.
  4. Mencuci daerah kewanitaan dengan arah yang tepat dari arah depan ke belakang untuk mencegah dan menghindari dari perpindahan bakteri.
  5. Bersihkan organ intim kewanitaan dengan pembersih yang tidak mengganggu kestabilan pH disekitar vagina.
  6. Jangan menggunakan pakaian dalam yang ketat atau menggunakann stocking ketat, hal ini akan menimbulkan iritasi pada vagina dan sekitarnya dna bisa menjadi  salah satu tempat untuk pertumbuhan jamur serta bakteri.

Demikian artikel kali ini tentang tips mengatasi dan mencegah keputihan. Terimakasih telah mengunjungi website obat miom alami, semoga artikel-artikel yang kami berikan dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *