Tips Mencegah Diabetes

Tips Mencegah Diabetes,- Diabetes dapat disebabkan oleh beberapa faktor yaitu faktor keturunan, gangguan sistem kekebalan tubuh, jarang berolahraga atau aktifitas fisik dan gaya hidup yang tidak sehat serta pola makan yang tidak sehat. Sehingga bukan faktor genetik atau keturunan yang mempengaruhi perkembangan penyakit diabetes, gaya hidup yang tidak sehat juga juga bisa mempengaruhi perkembangan penyakit […]

Tips Mencegah Diabetes,- Diabetes dapat disebabkan oleh beberapa faktor yaitu faktor keturunan, gangguan sistem kekebalan tubuh, jarang berolahraga atau aktifitas fisik dan gaya hidup yang tidak sehat serta pola makan yang tidak sehat. Sehingga bukan faktor genetik atau keturunan yang mempengaruhi perkembangan penyakit diabetes, gaya hidup yang tidak sehat juga juga bisa mempengaruhi perkembangan penyakit ini. Oleh karena itu, kita bisa melakukan upaya pencegahan supaya terhindari dari penyakit diabetes.

Tips Mencegah Diabetes

  • Jaga berat badan ideal. Kelebihan berat badan ialah salah satu penyebab diabetes. Kelebihan berat badan meningkatkan kemungkinan mengembangkan diabetes tipe 2. Oleh sebab itu, harus menjaga berat badan ideal.
  • Aktifitas fisik. Selalu aktif secara fisik bisa mencegah diabetes. Otot yang selalu bekerja lebih keras akan meningkatkan kemampuannya untuk menggunakan insulin dan menyerap glukosa. Berjalan cepat selama setengah jam setiap hari bisa mengurangi risiko diabetes sebesar 30%. Lakukan juga olahraga yang lain seperti lari, berenang, bersepeda.
  • Konsumsi makanan yang sehat dan kaya akan gizi. Konsumsilah biji-bijian, sayur-sayuran dan buah-buahan.
  • Hindari makanan dan minuman manis. Minuman manis memliki beban glikemik tinggi sehingga akan meningkatkan risiko diabetes. Jika memang anda menginginkan minuman manis, maka buatlah jus buah atau teh dan kopi dengan sedikit gula dan perbanyaklah minum air putih.
  • Pilihlah lemak yang baik. Contohnya kacang-kacangan, biji-bijian, dan minyak ikan.
  • Mengurangi kebiasaan buruk. Sebaik nya mengurangi kebiasaan buruk seperti suka merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol.
  • Temui dokter untuk pemeriksaan rutin. Ketika anda beranjak tua, merupakan ide yang baik untuk secara teratur memeriksakan kadar glukosa darah, tekanan darah dan kolesterol darah.

Namun jika memang anda sedang mengidap penyakit diabetes baik diabetes tipe 1 ataupun tipe 2, konsumsi segera obat diabetes tipe 1 dan 2.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *