Tanda Wanita Akan Memasuki Masa Menopause

Tanda Wanita Akan Memasuki Masa Menopause,- Menopause adalah suatu kondisi dimana terjadinya pemberhentian fisiologis suatu siklus menstruasi yang memiliki hubungan dengan tingkat lanjut usia seorang wanita. Kondisi menopause banyak dialami oleh orang-orang yang berusia lanjut. Namun ada juga pada usia yang masih produktif seorang wanita bisa mengalami menopause dini. Tanda Wanita Akan Memasuki Masa Menopause […]

Tanda Wanita Akan Memasuki Masa Menopause,- Menopause adalah suatu kondisi dimana terjadinya pemberhentian fisiologis suatu siklus menstruasi yang memiliki hubungan dengan tingkat lanjut usia seorang wanita. Kondisi menopause banyak dialami oleh orang-orang yang berusia lanjut. Namun ada juga pada usia yang masih produktif seorang wanita bisa mengalami menopause dini.

Tanda Wanita Akan Memasuki Masa Menopause

  • Wanita yang menopause menstruasinya tidak teratur
  • Mengalami perimenopause. perimenopause ialah kondisi menstruasi yang terjadi dengan tidak teratur dalam waktu singkat atau lebih lama.
  • Vagina mengalami kekeringan. Hal ini disebabkan karena kadar estrogen mengalami penurunan sehingga jaringan pada vagina menjadi kering, kurang elastic dan juga tipis.
  • Gairah seks yang mulai berkurang. Berkurangnya gairah seks dikarenakan tidak seimbang hormon.
  • Mengalami susah tidur atau insomnia.
  • Mengalami hot flashes yaitu kondisi dimana terjadi rasa panas yang luar biasa pada seluruh tubuh dengan ditandai keluarnya keringat dan wajah yang memerah. Hal ini dikarenakan turunyya kadar estrogen.
  • Mengalami kelelahan dan mudah lelah.
  • Infeksi kemih. Wanita rentan terkena infeksi kemih karena anatominya. Namun risikonya akan meningkat ketika perimenopause. Anda mungkin tidak menyadarinya dari frekuensi air kecil dan adanya rasa sakit ketika berkemih. Berkurangnya kemampuan menahan urine pun turut dialami oleh wanita, karena elastisitas otot-otot telah menurun. Siasati dengan rutin melakukan latihan dasar panggul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *