Obat Miom Alami

Herbal alami, aman dan tanpa efek samping

Selain Hamil Ternyata Ini Penyebab Wanita Telat Haid

Haid atau dikenal juga dengan nama menstruasi adalah tanda kesuburan wanita. Sehingga membuat wanita khawatir bila wanita telat haid. Penyebab telat haid pada setiap wanita berbeda-beda. Tapi biasanya sebagian wanita mengambil kesimpulan dan menganggap sebagai tanda kehamilan. Padahal telat haid pada wanita tidak selalu tanda kehamilan.

Selain Hamil Ternyata Ini Penyebab Wanita Telat Haid

Penyebab Wanita Telat Haid

Hamil

Penyebab wanita yang sudah menikah telat haid yaitu karena hamil. Namun untuk memastikan apakah anda hamil atau tidak, maka gunakan tes pack atau bika ingin lebih yakin lagi periksa ke bidan atau dokter kandungan.

Baru awal mengalami haid

Telat haid tidak hanya dialami oleh wanita dewasa saja, tapi juga pada remaja wanita. Perempuan yang baru menginjak remaja sering mengalami telat haid, tapi hal ini masih wajar sebab hormonnya belum seimbang.

Faktor kelainan

Haid tidak teratur pada wanita bisa disebabkan oleh faktor kelainan yaitu faktor anatomi dan non anatomi. Contoh faktor anatomi yaitu kista, kanker dan miom. Sedangkan contoh faktor non anatomi yaitu pemakaian alat kontrasepsi terlalu sering.

Faktor usia

Salah satu yang menjadi faktor penyebab wanita telat haid yaitu faktor usia. Seiring bertambahnya usia, perempuan seringkali mengalami masalah haid. Apalagi perempuan yang usianya mendekati menopause, akan lebih sering mengalami telat haid sebab produksi sel telur yang mulai berkurang.

Obesitas

Bahaya obesitas atau berat badan berlebih untuk kesehatan yaitu meningkatkan risiko terkena jantung, siklus haid tidak teratur, dan lain-lain. Sehingga obesitas tidak hanya mengancam kesehatan jantung saja, tapi juga dapat membuat siklus haid menjadi tidak teratur.

Menopause dini

Selain obesitas, faktor lainnya yang menjadi penyebab siklus haid tidak teratur adalah menopause. Menopause biasanya dialami perempuan yang berusia 45-55 tahun. Tapi tidak menutup kemungkinan perempuan yang berusia 40 tahun mengakami gejala menopause atau disebut juga dengan menopause dini.

Memiliki masalah pada kelenjar tiroid

Sebagai pengatur metabolisme tubuh, kelenjar tiroid berperan penting dan jika sampai tidak bekerja dengan normal, maka otomatis gangguan haid pun akan dialami. Namun, tidak perlu khawatir jika tidak haid karena masalah tiroid ini sebab biasanya anda akan kembali membaik dengan mengkonsumsi obat-obatan.

Jadi tidak hanya hamil, ada faktor lainnya yang menjadi penyebab telat haid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *