Penyebab Sering Buang Air Kecil Pada Pria Dan Wanita

Buang air kecil adalah salah satu kegiatan yang biasa dilakukan oleh pria maupun wanita. Akan tetapi jika terlalu sering buang air kecil juga tidak baik bagi kesehatan. Seseorang dikatakan mempunyai frekuensi buang air kecil terlalu sering bila merasa ingin buang air kecil setiap 2 jam sekali atau lebih. Karena normalnya buang air kecil dalam hari […]

Buang air kecil adalah salah satu kegiatan yang biasa dilakukan oleh pria maupun wanita. Akan tetapi jika terlalu sering buang air kecil juga tidak baik bagi kesehatan. Seseorang dikatakan mempunyai frekuensi buang air kecil terlalu sering bila merasa ingin buang air kecil setiap 2 jam sekali atau lebih. Karena normalnya buang air kecil dalam hari adalah 4-8 kali.

Penyebab Sering Buang Air Kecil Pada Pria Dan Wanita

Sering buang air kecil dengan intensitas banyak bisa disebabkan oleh terlalu banyak minum, cuaca dingin, banyak minum minuman yang mengandung kafein, pengaruh obat-obatan dan kondisi kandung kemih yang hiperaktif.

Sedangankan sering buang air kecil dengan intensitas urin sedikit dapat disebabkan radang kandung kemih, batu ginjal. Selain itu sering buang air kecil dengan intensitas urin sedikit bisa menjadi tanda dan gejala penykit serius seperti kanker rahim dan kanker prostat.

Penyebab Sering Buang Air Kecil Pada Pria Dan Wanita

Terlalu banyak minum

Salah satu penyebab sering buang air kecil pada pria maupun wanita adalah terlalu banyak minum. Masuknya cairan dalam tubuh dengan cara berlebihan dapat berefek terhadap respon organ pencernaan untuk mengeluarkannya dalam bentuk pengeluaran urin. hal ini amat lazim, sebab dengan sejumlah air yang masuk dalam tubuh, sehingga kandungan cairang yang mesti dikeluarkan atau sekresi jadi lebih banyak dan jadi lebih sering dikeluarkan dengan bilangan urin yang banyak.

Udara dingin

Udara dingin yaitu salah satu faktor eksternal yang mampu mempengaruhi kondisi pembuangan urin dengan jumlah yang berlebihan. udara dingin dapat susah mengeluarkan keringat, maka proses pengeluaran keringat tersebut dialihkan pada sekresi atau pembuanagn lewat air seni yang dilakukan bersama intensitas tinggi.

Banyak konsumsi minuman kafein

Kafein yaitu jenis minuman yang berbentuk diuretik yang mampu memicu tingginya proses pengeluaran urin. dengan mengonsumsi kafein tersebut, sehingga dengan cara otomatis tubuh dapat menimbulkan respon berupa pengeluaran urin lebih banyak. Oleh karena itu disarankan untuk tak terlalu banyak minum minuman berkafein terutama dikala perjalanan jauh yang susah melakukan buang air kecil.

Pengaruh obat-obatan

Pengaruh obat-obatan dalam sebuah perawatan sebuah penyakit pula bisa menurunkan tingginya frekuensi buang air kecil. Ada beberapa jenis obat yang bersifat diuretik, maka bakal memicu tingginya frekuensi seseorang dalam buang kecil.

Mengidap diabetes melitus

Gula darah yang tinggi bisa membuat seseorang sering buang air kecil. perihal ini terjadi sebab sifat gula yang menarik cairan. sering buang air kecil di malam hari ketika tidur begitu mengganggu bahkan mampu 3-5 kali, gejala yang lain merupakan sering merasa haus, kesemutan dan badan lemas.

Gangguan prostat

Gangguan prostat merupakan salah satu penyakit yang sering terjadi kepada laki laki. Pembesaran prostat bisa menekan uretra atau saluran kemih dan menutup urin. hal ini menyebabkan dinding kandung kemih menderita iritasi. akibatnya, kandung kemih jadi gampang berkontraksi bahkan hanya ada sedikit urin maka sering muncul rasa mau buang air kecil.

Kehamilan

Sering buang air kecil yang terjadi apda wanita bisa disebabkan karena kehamilan. Hal ini dikarenakan pada awal kehamilan uterus dapat tumbuh dan menekan kemih, maka bisa mengakibatkan seringnya buang air kecil.

Infeksi saluran kemih

Penyebab infeksi saluran kemih adalah infeksi disebabkan oleh bakteri yang masuk ke kandung kemih lewat uretra. Salah satu gejala dari infeksi saluran kemih adalah sering buang air kecil. Biasanya infeksi saluran kemih sering terjadi pada wanita.

Kandungan kemih yang terlalu aktif

Penyebab lainnya sering buang air kecil adalah kandungan kemih yang terlalu aktif. Biasanya sering terjadi pada wanita. Hal ini bisa disebabkan oleh otot pelvis yang terlalu lemah, kelebihan berat badan, kekurangan hormon estrogen dam adanya masalah pada saraf.

Demikian informasi tentang penyebab sering buang kecil pada pria dan wanita yang  dapat kami sajikan di website obat miom alami. Bila anda dalam setiap harinya mengalami sering buang air kecil, sebaiknya segera memeriksakan diri anda ke dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *