Penyebab Nyeri Saat Menstruasi

Penyebab Nyeri Saat Menstruasi Penyebab Nyeri Saat Menstruasi,-Rasa nyeri saat menstruasi merupakan masalah yang umum terjadi pada perempuan. Ada yang berupa nyeri ringan, adapula yang berupa nyeri berat sampai tidak mampu menjalani aktivitas sehari-hari. Rasa nyeri saat menstruasi dapat disebabkan oleh kontraksi rahim. Ketika seorang perempuan menstruasi, hormon tertentu dilepaskan ke tubuh. Hormon-hormon tersebut yang […]

Penyebab Nyeri Saat Menstruasi

nyeri saat menstruasi 2Penyebab Nyeri Saat Menstruasi,-Rasa nyeri saat menstruasi merupakan masalah yang umum terjadi pada perempuan. Ada yang berupa nyeri ringan, adapula yang berupa nyeri berat sampai tidak mampu menjalani aktivitas sehari-hari. Rasa nyeri saat menstruasi dapat disebabkan oleh kontraksi rahim. Ketika seorang perempuan menstruasi, hormon tertentu dilepaskan ke tubuh. Hormon-hormon tersebut yang disebut prostaglandin, bekerja merangsang kontraksi otot yang diperlukan untuk meluruhkan lapisan rahim.

Seiring otot rahim berkontraksi dalam upaya meluruhkan lapisan dinding rahim , rasa nyeri (kram) umumnya juga turut menyertai. Sebagian perempuan mengalami rasa nyeri (kram) pada setiap siklus menstruasi, adapula sebagian perempuan hanya mengalaminya sesekali.

Dalam beberapa kasus, kram menstruasi dan rasa nyeri yang ditimbulkan begitu sangat parah. Hal ini terjadi karena kondisi kesehatan tertentu misalnya endometriosis yang menyebabkan nyeri perut ekstrim serta kram menstruasi yang parah. Selain itu, fibroid juga menyebabkan nyeri yang parah dan disertai pendarahan berat.

Dalam kebanyakan kasus, nyeri saat menstruasi merupakan bagian normal dalam kehidupan perempuan.

Tips Mengatasi Nyeri Saat Menstruasi

1.Kompres perut

Anda dapat mengompres perut dan punggung bawah dengan menggunakan bantalan pemanas. Adapula yang melakukan rileksasi dengan cara berendam di dalam air hangat untuk mengatasi nyeri menstruasi.

2.Berbaring

Cobalan berbaring ditempat tidur untuk mengurangi rasa nyeri. Dengan cara berbaring akan meredakan rasa nyeri.

3.Olahraga ringan

Olahraga ringan misalnya berjalan kaki dapat membantu meringankan nyeri saat menstruasi. Berjalan kaki dapat membuat gerakan otot sehingga dapat meningkatkan denyut jantung, dan bisa anda lakukan selama 30 menit secara teratur.

4.Konsumsi makanan sehat

Perbanyak makanan yang mengandung kalsium, magnesium, vitamin D, vitamin E, dan omega 3. Mengkonsumsi buah dan sayur aneka warna, ikan, labu, dan juga makanan yang banyak mengandung protein nabati.

Baca juga : Obat Miom Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *