Penyebab Menstruasi Lama Setelah Melahirkan

Penyebab Menstruasi Lama Setelah Melahirkan,- Ada perbedaan kasus menstruasi yang terjadi pada perempuan. Salah satu yang jadi perbedaan yaitu jangka waktu mengalami factor tersebut. Biasanya menstruasi sesudah melahirkan temponya lebih lama di bandingkan dengan menstruasi yang terjadi terhadap perempuan yang belum pernah hamil & melahirkan. Penyebab Menstruasi Lama Sesudah Melahirkan Menstruasi sesudah melahirkan yang lama […]

Penyebab Menstruasi Lama Setelah Melahirkan,- Ada perbedaan kasus menstruasi yang terjadi pada perempuan. Salah satu yang jadi perbedaan yaitu jangka waktu mengalami factor tersebut. Biasanya menstruasi sesudah melahirkan temponya lebih lama di bandingkan dengan menstruasi yang terjadi terhadap perempuan yang belum pernah hamil & melahirkan.

Penyebab Menstruasi Lama Sesudah Melahirkan

Menstruasi sesudah melahirkan yang lama & prosesnya panjang disebabkan oleh banyak hal :

1.Pendarahan pasca melahirkan

Sesudah melahirkan , akan banyak pendarahan yang terjadi. Meskipun secara fisik darah yang ke luar tersebut menyerupai darah menstruasi, namun darah tersebut ialah darah yang tersisa dari pendarahan yang terjadi di dalam rahim. Pengeluaran darah tersebut dapat berlangsung dalam rentang waktu 3-5 hari & banyaknya lebih banyak & berbentuk gumpalan. Tidak heran apabila musim pasca kehamilan ini perempuan akan memakai pembalut husus bersalin.

2.Siklus tak menentu yang disebabkan oleh fisik & mental

Mentruasi sesudah melahirkan mungkin dapat kembali siklunya seperti sediakala jika kita dapat bertahan secara fisik & mental. Namun sebab situasi & keadaan tak mendukung hal tersebut, membuat para ibu yang sudah melahirkan mengalami siklus menstruasi yang tak menentu.

Baca juga : Pengaruh Stres Pada Siklus Menstruasi

Sekurang-kurangnya, ibu yang baru mehirkan dapat mengalami menstruasi sesudah 10 pekan, hal itu berlangsung secara normal. Namun, untuk menuju siklus menstruasi kemudian akan ada penundaan selama kurang lebih 5 bulan. Hal tersebut terus terjadi, maka untuk mengantisipasinya diperlukan peran suami dalam mengembalikan mental sang istri, juga buat mencukupi kebutuhan nutrisi & gizinya supaya fisiknya kembali pulih seperti sediakala.

3.Kewajiban menyusui mempunyai peran yang cukup penting

kewajiban seorang ibu untuk memberikan AS ekslusif membuat menstruasi sesudah melahirkan tak seperti ketika gadis dulu. Pada waktu menyusui , tubuh mengeluarkan hormon prolaktin yang berfungsi untuk meningkatkan kelenjar hipofisis supaya memproduksi ASI lebih banyak. Proses tersebut akan membuat ovulasi tertekan, maka proses & siklus menstruasi tak teratur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *