Penyebab Masalah Kesuburan Pada Wanita

Salah satu faktor yang bisa saja jadi penghambat seorang wanita untuk hamil adaah faktor kesuburan. Banyak faktor yang mempengaruhi ketidaksuburan seseorang salah satunya usia, jumlah & kualitas telur pada perempuan menurun disaat bertambahnya usia, terutama sesudah melewati usia 40 tahun. Dan masih banyak hal yang menyebabkan masalah kesuburan pada perempuan. Penyebab Masalah Kesuburan Pada Wanita […]

Salah satu faktor yang bisa saja jadi penghambat seorang wanita untuk hamil adaah faktor kesuburan. Banyak faktor yang mempengaruhi ketidaksuburan seseorang salah satunya usia, jumlah & kualitas telur pada perempuan menurun disaat bertambahnya usia, terutama sesudah melewati usia 40 tahun. Dan masih banyak hal yang menyebabkan masalah kesuburan pada perempuan.

Penyebab Masalah Kesuburan Pada Wanita

1.Siklus haid tidak teratur

Siklus haid mempunyai kaitan yang erat dengan kesuburan & puncak masa subur. Seringkali banyak wanita dengan siklus haid tak teratur pula mengalami masalah dengan kesuburan atau susah hamil di bandingkan wanita lainnya. Sebaiknya anda berkonsultasi pada dokter bila anda mempunyai siklus haid yang tak teratur.

2. Berat badan yang kurang ideal

Berat badan ternyata dapat mempengaruhi tingkat kesuburan pada seorang wanita. Berdasarkan penelitian, wanita dengan berat badan berlebih ataupun berat badan kurang dari berat ideal cenderung mempunyai masalah dengan kehamilan akibat faktor hormon di dalam tubuh.

3. Kerusakan saluran tuba

Saluran tuba yang membawa sel telur dari ovarium ke rahim. Jika saluran tuba ini rusak, sehingga dapat sulit bagi telur untuk bergerak & dapat dibuahi. Maka akan mengakibatkan perempuan susah hamil disaat saluran tubanya terinfeksi atau terluka.

4. Faktor hormon

Ovulasi yang tak rutin atau produksi yang berlebihan atau produksi hormon di bawah normal dalam tubuh perempuan yaitu penyebab masalah pada kesuburan perempuan.

5. Endometriosis

Endometriosis merupakan selaput lendir rahim yang tumbuh pada tempat yang tak seharusnya yakni di indung telur. Hal ini bisa memunculkan perlengketan disekitar saluran telur atau terhadap organ reproduksi lainnya.

6. Kelainan mulut rahim

Normalnya, mulut rahim mengarah ke depan (antefleksi), maka berhadapan langsung dengan dinding belakang vagina. Keadaan inilah yang memungkinkan spermatozoa sampai ke dalam saluran rahim. Penyimpanan dari posisi normalnya, seperti retrofleksi (posisi rahim menghadap ke belakang), mampu menghambat terjadinya kehamilan.

7. Kelainan rahim

Adanya kelainan rongga rahim karena perlengketan, mioma atau polip, peradangan endometrium & gangguan kontraksi rahim akan mengganggu transportasi spermatozoa. Kalaupun hingga terjadi kehamilan biasanya kehamilan tersebut dapat berakhir sebelum waktunya.

 

 | Penyebab Masalah Kesuburan Pada Wanita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *