Penyakit Yang Sering Menyerang Wanita

Penyakit Yang Sering Menyerang Wanita,- Berbagai penyakit bisa menyerang siapa saja, tidak memandang pria atau wanita. Namun ada beberapa penyakit yang sering menyerang di alami oleh wanita dibanding pria. Penyakit Yang Sering Menyerang Wanita 1.Lupus Lupus ialah penyakit autoimun kronis dimana sel imun tubuh menyerang jaringan yang sehat sehingga memicu kerusakan pada kulit, sendi dan […]

Penyakit Yang Sering Menyerang Wanita,- Berbagai penyakit bisa menyerang siapa saja, tidak memandang pria atau wanita. Namun ada beberapa penyakit yang sering menyerang di alami oleh wanita dibanding pria.

Penyakit Yang Sering Menyerang Wanita

1.Lupus

Lupus ialah penyakit autoimun kronis dimana sel imun tubuh menyerang jaringan yang sehat sehingga memicu kerusakan pada kulit, sendi dan organ lainnya. Gejalanya sangat banyak, mudah merasa lelah, sakit kepala, rambut rontok dan bengkak di persendian.

2.Sindrom kelelahan kronis

Para pakar menjelaskan bahwa sindrom ini sebagai sesuatu yang komplek. Kondisi kelelahan ini tidak bisa hilang hanya dengan beristirahat. Gejala lainnya ialah nyeri otot, berkurangnya daya ingat dan insomnia.

3.Penyakit celiac

Celiac disease ialah reaksi negatif yang diberikan tubuh, karena tidak bisa mencerna gluten, protein yang terdapat dalam tepung atau gandum. Pada umumnya celiac disease dianggap masalah pencernaan biasa seperti kehilangan berat badan, kembung, diare & sakit perut. Namun ternyata penyakit ini dapat mempengaruhi siklus mentruasi dan ketidaksuburan.

4.Irritable Bowel Syndrome (IBS)

IBS ialah gangguan pada usus besar yang mempengaruhi usus secara keseluruhan. Gejala IBS diantaranya sakit perut, diare dan konstipasi sedikitnya selama 3 bulan. Gejala ini akan parah jika sedang dalam periode menstruasi. Namun penyebab masih belum di ketahui.

5.Infeksi penyakit seksual

wanita lebih sering tertular dan mengalami sebab serius dibanding pria. Sebab kulit vagina lebih halus, sehingga memudahkan virus & bakteri untuk masuk.

6.Penyakit jantung

Faktor yang memainkan peran dalam perkembangan penyakit jantung pada wanita ialah sindrom metabolik. Kombinasi dari lemak di sekitar perut, tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, triglycerides tinggi merupakan dampak terbesar pada wanita dibanding pria.

Selain itu, rendahnya tingkat estrogen sesudah menopause juga menimbulkan faktor risiko signifikan untuk mengembangkan penyakit kardiovaskular pada pembuluh darah kecil (penyakit jantung karena pembuluh menyempit).

7.Osteoporosis

Osteoporosis ialah kondisi dimana kepadatan tulang menurun yang terjadi pada pria dan wanita. Pada usia 65 tahun, beberapa wanita sudah kehilangan setengah dari massa tulangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *