Pengaruh Stres Pada Siklus Menstruasi

Pengaruh Stres Pada Siklus Menstruasi,- Banyak perempuan tak tahu dampak buruk yang ditimbulkan stres akan berpengaruh pada kesehatan mereka secara total & bukan cuma siklus menstruasi mereka saja. Cara kerjanya yaitu, stres mampu menyebabkan ketidakseimbangan kimia & hormon dalam tubuh & dengan demikian mengakibatkan masalah kesehatan yang bervariasi seperti jerawat, susah hamil, kenaikan berat badan, […]

Pengaruh Stres Pada Siklus Menstruasi,- Banyak perempuan tak tahu dampak buruk yang ditimbulkan stres akan berpengaruh pada kesehatan mereka secara total & bukan cuma siklus menstruasi mereka saja. Cara kerjanya yaitu, stres mampu menyebabkan ketidakseimbangan kimia & hormon dalam tubuh & dengan demikian mengakibatkan masalah kesehatan yang bervariasi seperti jerawat, susah hamil, kenaikan berat badan, rambut rontok, mata cekung.

Bisakah stres menunda periode menstruasi anda? Tentu bisa , lantaran stres mengirimkan sinyal ke otak anda bahwa ada sesuatu yang tak beres & oleh karenanya tubuh tak berfungsi secara normal. Jadi ada ketidakseimbangan & kekurangan yang menyebabkan bermacam-macam masalah kesehatan, menstruasi yang tak teratur hanya salah satu dari masalahnya.

Pengaruh Stres Pada Siklus Menstruasi

1.Amenore Sekunder

Amone sekunder ialah kondisi di mana tak terjadinya menstruasi selama 3 siklus hingga 6 siklus setelah sebelumnya mengalami siklus menstruasi seperti biasanya. Faktor ini disebabkan dikarenakan ketidakseimbangan hormon kronis.

2.Terlambat datang bulang

Factor ini yakni sesuatu yang sangat umum dikalangan perempuan, terutama bagi mereka yang sedang mengalami stres. Keterlambatan menstruasi ini bisa mempengaruhi siklus menstruasi anda.

3.Siklus panjang

Sebuah siklus menstruasi yang terjadi selama 28 hari dianggap sebagai durasi yang normal. Namun terdapat kasus waktu interval dianatara 2 siklus jadi terlalu panjang. Hal ini dapat terjadi lantaran adanya dampak dari perubahan hormonal. Stres disini bertindak sebagai salah satu alasan utama untuk siklus panjang.

4.Disfungsi ovarium

Tindakan masalah dari hormon pada hasilnya bisa menyebabkan disfungsi ovarium. Factor ini dapat menyebabkan masalah terhadap proses ovulasi & masalah reproduksi. Korsitol dapat memberikan sinyal ke dalam otak untuk menghentikan produksi pada hormon perempuan. Inilah alasan mengapa para ahli di lapangan menyarankan wanita buat berlatih mengenai relaksasi seperti contohnya yoga maupun meditasi.

5.Pendarahan yang tak normal

Stres dapat juga menyebabkan pendarahan yang abnormal baik pendarahan berat atau pendarahan cuma sedikit tergantung terhadap jenis perubahan hormonal. hal itu pula mampu menyebabkan terjadinya pendarahan sebelum tanggal semestinya anda menstruasi. Hormon stres bisa juga mempengaruhi hormon reproduksi, dalam suatu kasus berat , faktor ini bahkan dapat memunculkan anemia lantaran anda kehilangan darah yang berlebihan.

6.PMS yang lebih parah

Gejala premenstruasi merupakan hal yang umum bagi banyak wanita. Tapi stres bisa juga meningkatkan intensitas PMS anda. Mengelola stres bisa mempermudah anda untuk mengontrol PMS yang anda alami.

Demikian artikel kali ini tentang pengaruh stres pada siklus menstruasi, semoga dapat bermanfaat. Terimakasih telah berkunjung ke situs obat miom alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *