Pemicu Penyebab Kanker Serviks

Pemicu Penyebab Kanker Serviks,- Kanker Serviks adalah salah satu penyakit  yang ditakuti oleh wanita. Kanker serviks adalah salah satu penyakit yang mematikan di kalangan wanita. Ada beberapa hal yang menyebabkan wanita berpotensi terkena penyakit ini. Diantaranya adalah menikah muda (sebelum usia 20 tahun) karena leher rahim belum siap menerima paparan dari luar, bergonta-ganti pasangan seksual, […]

Pemicu Penyebab Kanker Serviks,- Kanker Serviks adalah salah satu penyakit  yang ditakuti oleh wanita. Kanker serviks adalah salah satu penyakit yang mematikan di kalangan wanita. Ada beberapa hal yang menyebabkan wanita berpotensi terkena penyakit ini. Diantaranya adalah menikah muda (sebelum usia 20 tahun) karena leher rahim belum siap menerima paparan dari luar, bergonta-ganti pasangan seksual, kehamilan yang sering, merokok / sering menghirup asap rokok, dan sistem kekebalan tubuh lemah.

Pemicu Penyebab Kanker Serviks

1.Faktor genetik

Seperti kanker pada umumnya, apabila anda memiliki keluarga dengan riwayat kanker serviks ( ibu, nenek, dan sebagainya ) maka ada kemungkinan anda juga berpeluang lebih mudah untuk terkena penyakit ini. Tapi bukan berarti ini sebuah kepastian. Apabila memiliki riwayat anggota keluarga dengan kanker serviks, maka anda harus lebih berhati-hati dengan faktor-faktor pemicu kanker serviks lainnya.

2.Kebiasaan menghirup asap rokok

Kanker serviks dapat disebabkan oleh nikotin yang ada dalam darah. Karena asap rokok yang masuk dalam tubuh akan segera merasuk ke dalam darah yang menyebar ke seluruh tubuh. Zat nikotin yang ada di dalam darah itu akan singgah di mulut rahim dan selaput leher rahim yang sangat peka terhadap zat nikotin. Zat nikotin juga akan memicu pertumbuhan sel tidak normal yang kemudian menjadi timbulnya sel kanker mulut rahim.

3.Pembersih kewanitaan

Terlalu sering menggunakan sabun pembersih kewanitaan. Jika ingin menggunakan produk pembersih kewanitaan  gunakanlah sesuai PH yang dianjurkan. Dan yang paling penting adalah jangan terlalu sering menggunakan produk sabun pembersih kewanitaan , namun gunakanlah sesuai kebutuhan.

4.Menaburi bedak pada bagian kewanitaan

Kebiasaan menaburi bedak pada bagian bagian kewanitaan ada kemungkinan terkena kanker ovarium (indung telur) atau gangguan kesehatan pada alat reproduksi wanita. Karena jika ada satu butiran dari bedak tersebut yang menempel , maka akan mengalami infeksi dan menimbulkan luka di ovarium.

5.Pola makan yang salah

Pola makan yang salah seperti banyak mengkonsumsi lemak yang tinggi, lemak potensial memproduksi hormon estrogen, dan jika terlalu banyak mengkonsumsi lemak makan estrogen pun semakin banyak. Jika endometrium (badan rahim) terpapar oleh hormon ini maka akan cepat sekali berubah wujud menjadi kanker.

Selain itu, kurangnya asupan vitamin juga tidak menutup kemungkinan akan mudah terkena kanker leher rahim. Asupan vitamin sangat penting untuk memperbaiki dan memperkuat mukosa , material dalam leher rahim adalah vitamin C. Untuk itu, perbanyaklah mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang mengandung vitamin C.

6.Hubungan sex dibawah 17 tahun

Hubungan seksual dibawah usia 17 tahun juga dapat merangsang tumbuhnya sel kanker. Karena pada rentan usia 12 tahun hingga 17 tahun, perubahan sel dalam mulut rahim sedang aktif. Ketika sel sedang membelah secara aktif (metaplasi), idealnya tidak terjadi kontak atau rangsangan apapun dari luar, termasuk injus (masuknya) benda asing dalam tubuh wanita. Adanya benda asing, termasuk alat kelamin laki-laki dan sel sperma, akan mengakibatkan perkembangan sel ke arah abnormal. Apalagi sampai luka yang mengakibatkan infeksi dalam rahim. Tidak hanya itu, bergonta-ganti pasangan seks juga meningkatkan risiko terkena kanker serviks.

7.Keputihan yang berlarut-larut

Keputihan adalah hal yang wajar di alami setiap wanita, namun apabila dibiarkan berlarut-larut ternyata juga dapat menjadi pemicu kanker serviks. Kanker serviks juga dapat disebabkan oleh virus Human Papilloma Virus ( HPV ). Virus ini hidup di daerah yang lembab, persisnya dalam cairan vagina yang diderita oleh penderita keputihan. Jika keputihan ini tidak segera membaik, virus ini bisa memunculkan kanker serviks.

8.Kebiasaan buruk

Kebiasaan buruk seperti menggunakan air kotor untuk membasuh daerah kewanitaan. Karena air kotor merupakan tempat bersarangnya kuman yang dapat menginfeksi daerah kewanitaan , kemudian akan berkembang menjadi kanker serviks. Menyemprotkan  (dounching) air terlalu kuat daat membasuh daerah kewanitaan juga merupakan kebiasaan buruk yang dapat memicu timbulnya kanker serviks. Karena semprotan air yang terlalu kuat dapat membuat daerah kewanitaan menjadi lecet sehingga memudahkan terjadinya infeksi yang kemudian berkembang menjadi kanker serviks. Dan kebiasaan buruk lainnya adalah memasukan jari kedalam organ kewanitaan bisa menyebaban kuman yang berada di jari dapat masuk ke dalamnya sehingga hal ini akan dapat menginfeksi daerah kewanitaan anda yang kemungkinan akan berkembang menjadi kanker serviks. Oleh karena itu, hindari kebiasaan buruk yang dapat memicu timbulnya kanker serviks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *