Obat Miom Alami

Herbal alami, aman dan tanpa efek samping

Obat Nyeri Haid Yang Alami Dan Aman

Beberapa wanita yang tidak tahan nyeri perut bagian bawah saat haid, mungkin mengkonsumsi obat pereda nyeri haid yang banyak beredar dipasaran. Padahal nyeri haid bisa diobati dengan cara alami yaitu dengan mengkonsumsi ramuan kunyit, asam jawa dan ramuan alami lainnya yang dapat dijadikan sebagai obat nyeri haid yang alami.

Obat Nyeri Haid Yang Alami Dan Aman

Saat haid, beberapa wanita ada yang mengalami nyeri, sakit atau kram di perut bagian bawah. Bahkan rasa sakit tersebut kadang dapat menyebar sampai ke punggung atau paha. Nyeri haid normalnya dimulai pada hari pertama haid atau 72 jam kemudian.

Obat Nyeri Haid Yang Alami Dan Aman

Kunyit

Salah satu obat nyeri haid alami dari tumbuhan adalah kunyit. Cara mengolahnya pun sangat mudah yaitu sediakan rimpang kunyit, cuci terlebih dahulu, parut, rebus kunyit yang telah diparut sampai mendidih dengan menggunakan air. Saring dan ambil airnya. Kemudian minum air rebusannya. Bila hari besoknya lagi masih mengalami nyeri haid, anda bisa mencoba minum ari rebusan kunyit.

Asam jawa

Asam jawa bermanfaat dapat memberi efek astrigent yang baik di dalam membantu meredakan efek panas yang terjadi pada perut semala masa haid. Cara mengolah asam jawa untuk mengobati nyeri haid adalah rebusasam jawa dengan menggunakan air, rebuslah sampai mendidih. Setelah itu minum air rebusannya.

Lengkuas

Lengkuas baiasanya dipakai sebagai bumbu dapur. Ternyata lengkuas juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan salah satunya adalah meredakan nyeri haid.

Caranya sediakan lengkuas, 1 sendok makan ketumbar, tanaman meniran dan akarnya. Cuci terlebih dahulu lengkuas dan tanaman meniran beserta akarnya. Dan memarkan lengkuas. Rebus semua bahan-bahan tersebut dengan menggunakan 4 gelas air. Rebus hingga mendidih sampai tersisa setengahnya. Saring dan ambil airnya. Gunakan untuk 2 hari, minum air rebusannya  di pagi dan sore hari 1/2 gelas tiap kali minumnya.

Kencur

Salah satu manfaat kencur bagi kesehatan adalah dapat membantu meredakan nyeri haid. Sediakan 2 potong kencur sebesar ibu jari, cuci terlebih dahulu dan parut. Sediakan juga sehelai daun trengguli, 1 cengkih dan 1/2 sendok teh adas. Rebus semua bahan tersebut dengan menggunakan 2 gelas air sampai mendidih sampai tersisa 1 gelas saja. Saring dan ambil airnya. Minum 2 kali sehari di pagi dan sore hari masing-masing 1/2 gelas tiap kali minumnya.

Bunga cengkeh

Cengkeh memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan diantaranya mengobati sakit gigi, meredakan nyeri haid dan masih banyak lagi khasiatnya.

Cara mengolah cengkeh untuk mengatasi nyeri haid yaitu sediakan terlebih dahulu 2 bunga cengkeh, 7 butir ketumbar dan kunyit yang telah dikupas dan dicuci. dan sediakan juga 1 sendok teh parutan biji pala. Rebus semua bahan tersebut dengan menggunakan 1 gelas air sampai tersisa setengah gelas saja. Saring dan ambil airnya. Minumlah ramuan ini selagi hangat.

Daun beluntas

Mungkin daun beluntas sudah tidak asing lagi bagi masyarakat indonesia. Begitupun khasiat dan manfaatya. Namun, khasiat daun beluntas untuk meredakan nyeri haid belum diketahui banyak orang. Padahal, tanaman ini bisa dimanfaatkan bagi orang yang sedang mengalami nyeri haid.

Cara mengolah daun beluntas yang dijadikan sebagai obat nyeri haid tradisional yaitu sediakan 20 lembar daun beluntas, cuci sampai bersih, remas-remas hingga hancur. Seduh dengan air panas dan campurkan dengan asam jawa dan sedikit garam. Aduk-aduk hingga merata dan saring. Minum air seduhannya ketika masih hangat. Minumlah 2 kali sehari.

Itulah beberapa bahan alami yang dapat dijadikan sebagai obat pereda nyeri haid alami. Semoga dapat membantu anda dalam mengatasi masalah nyeri haid. Dan selamat mencoba membuat ramuan alami tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *