Menopause Pada Wanita

Menopause Pada Wanita,- Menopause merupakan masa sesaat sebelum berhentinya periode menstruasi hingga sesaat sesudah menstruasi berakhir. Selain itu juga menopause dapat dikatakan sebagai berakhirnya siklus menstruasi pada wanita. Pada proses menua terjadi penurunan fungsi indung telur dalam menghasilkan sel telur dan hormon-hormon reproduksi. Padahal hormon-hormon reproduksi itu berguna pula untuk proses dalam tubuh seorang wanita. […]

Menopause Pada Wanita,- Menopause merupakan masa sesaat sebelum berhentinya periode menstruasi hingga sesaat sesudah menstruasi berakhir. Selain itu juga menopause dapat dikatakan sebagai berakhirnya siklus menstruasi pada wanita. Pada proses menua terjadi penurunan fungsi indung telur dalam menghasilkan sel telur dan hormon-hormon reproduksi. Padahal hormon-hormon reproduksi itu berguna pula untuk proses dalam tubuh seorang wanita. Sehingga pada saat itu, terjadi penurunan fungsi dari beberapa organ tertentu. Penurunan fungsi pasti terjadi, namun bisa terjadi cepat ataupun dapat kita perlambat dengan serangkaian cara hidup yang tepat.

Kebanyakan wanita mengalami menopause antara usia 45 dan 55., tapi menopause dapat terjadi sebagai awal sebagai 30-an atau 40-an atau mungkin tidak terjadi sampai seorang wanita mencapai usia 60-an.

Menopause merupakan perubahan yang normal pada setiap wanita. Tapi sebagian wanita bisa mengalami menopause dini, baik dikarenakan hasil dari operasi (pengangkatan ovarium karena alasan medis), seperti hosterektomi atau kerusakan pada indung telur, seperti akibat dari pengobatan kemoterapi. Menopause yang terjadi sebelum usia 40 tahun, terlepas dari penyebabnya disebut menopause dini (prematur menopause).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *