Obat Miom Alami

Herbal alami, aman dan tanpa efek samping

Mengenali Metode Operasi Endometriosis

Pengobatan endometriosis secara medis bermacam-macam tergantung tingkat keparahannya seperti obat pereda sakit, terapi hormon dan operasi endometriosis. Dan kali ini akan membahas tentang metode operasi endometriosis.

Mengenali Metode Operasi Endometriosis

Endometriosis bukan penyakit yang mematikan, namun anda juga harus tetap mewaspadai bahaya endometriosis. Bahaya dari endometriosis diantaranya mengalami siklus mensturasi lebih awal, siklus menstruasi lebih lama, menstruasi pertama lebih awal, merasa nyeri ketika melakukan hubungan seksual, terasa sakit saat kencing dan resiko kemandulan.

Metode Operasi Endometriosis

Operasi endometriosis dilakukan bila endometriosis dalam tahap sangat mengganggu dan tidak bisa diatasi dengan obat pereda sakit dan terapi hormon. Berikut metode operasi endometriosis:

Operasi Laporoskopi

Operasi laparoskopi adalah operasi yang paling baru dan modern mengenai prosedur pengangkatan kista. Pada operasi ini hanya jaringan endometriosis yang diangkat prosedur laparoskopi atau laser. Operasi ini hanya membutuhkan sayatan kecil dan tidak banyak menimbulkan rasa sakit.

Operasi konvensional pengangkatan rahim

Operasi konvensional pengangkatan rahim dilakukan dengan mengangkat keseluruhan bagian rahim. Serviks dan kedua ovaium juga diangkat. Ovarium diangkat, karena bagian inilah yang memproduksi hormon estrogen merangsang tumbuhnya kembali endometriosis.

Operasi pengangkatan rahim disarankan hanya bagi wanita yang tidak ingin punya anakk lagi atau wanita yang sebelumnya telah melakukan operasi laparoskopi namun endometriosis kambuh lagi. Pemulihan operasi ini lebih lama dibandingkan operasi laparoskopi.

Perawatan Sesudah Operasi

Sesudah operasi hingga 1 hari pasien akan merasa mual, pusing dan nyeri di perut. Akan tetapi, tidak perlu khawatir karena ini akan hilang dengan sendirinya. Dalam waktu 1×24 jam bila tidak ada keluhan lain, maka penderita endometriosis telah dapat menjalani perawatan di rumah. Pasien pun harus menjaga kebersihan supaya jahitan bekas operasi tidak terjadi infeksi.

Dokter akan memberi obat supaya jahitan cepat kering dan dapat segera dibuka. Pada perawatan selanjutnya, selama beberapa bulan dokter akan tetap memberikan obat untuk mengendalikan hormon estrogen. Pasien dilarang mengonsumsi makanan yang merangsang produksi hormon estrogen secara berlebihan.

Demikian informasi tentang metode operasi endometriosis lengkap dengan perawatan sesudah operasi. Bagi anda yang sudah melakukan operasi endometriosis, semoga cepat membaik dan endometriosis tidak kambuh lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *