Mengenal Jenis-jenis Kista Dan Bahayanya

Jenis kista tidak hanya kista ovarium saja, tapi ada berbagai jenis kista lainnya yang tidak diketahui. Kista adalah kantung yang berukuran besar atau kecil yang dapat tumbuh di bagian tubuh termasuk kulit. Kista pada bagian dalam tubuh sering tidak menyebabkan gejala dan sering tidak diperhatikan. Kista terlihat seperti benda yang lunak sebab berisi caran tapi […]

Jenis kista tidak hanya kista ovarium saja, tapi ada berbagai jenis kista lainnya yang tidak diketahui. Kista adalah kantung yang berukuran besar atau kecil yang dapat tumbuh di bagian tubuh termasuk kulit. Kista pada bagian dalam tubuh sering tidak menyebabkan gejala dan sering tidak diperhatikan. Kista terlihat seperti benda yang lunak sebab berisi caran tapi juga berisi material setengah padat. Kista biasanya tidak mempunyai sifat seperti kanker.

Jenis-jenis Kista

Kista Ovarium

Mengenal Jenis-jenis Kista Dan Bahayanya

Salah satu jenis kista yang paling umum terjadi yaitu kista ovarium. Jenis kista ini berisi cairan atau kantung cairan yang terletak di bagian permukaan ovarium. Bahaya dari jenis kista ini adalah kista ovarium yang tidak dirawat dan terus membesar dapat menyebabkan kista pecah, hal ini akan memicu rasa sakit yang sangat parah.

Gejala kista ovarium

  • Terasa nyeri di panggul bahkan rasa nyeri bisa menyebar ke bagian paha.
  • Terasa nyeri menjelang atau selama menstruasi
  • Rasa sakit yang berat ketika buang air kecil ataupun buang air besar.
  • Perut terasa penuh dan berat
  • Rasa ingin buang air kecil terus menerus

Pengobatan kista ovarium bisa dengan cara medis dan bisa juga dengan cara alami. Bagi anda yang lebih memilih cara alami, maka anda bisa memanfaatkan bahan alami yang ada disekitar kita yaitu seperti kunyit putih dan mahkota dewa.

Kista payudara

Selain kista ovarium, jenis kista yang paling umum terjadi adlah kista payudara. Sama seperti kista lainnya jenis kista ini juga merupakan kista padat atau cairan. Perbedaannya adalah jenis kista ini merupakan jenis kista padat atau cairan yang terletak di bagian payudara.

Gejala kista payudara

  • Benjolan di bagian sisi payudara dibagian tengah maupun samping payudara.
  • Benjolan payudara biasanya terasa bulat atau lonjong dan mudah bergerak.
  • Keluarnya cairan kuning atau coklat dibagian puting. Cairan yang keluar tersebut bau.
  • Terasa sakit dibagian payudara
  • Payudara terlihat bengkak

Bahaya

Kista biasanya tidak mempunyai sifat seperti kanker, begitupun dengan kista payudara. Jenis kista ini tidak menyebabkan kanker atau tidak bersifat kanker. Kista dapat sembuh tanpa perawatan, walaupun ada beberapa penderita kista tetap memerlukan perawatan. Karena bila tidak dirawat dengan benar maka dapat menyebabkan infeksi dan peradangan pada bagian dalam payudara.

Kista ginjal

Kista ginjal maerupakan jenis kista yang berisi cairan namun bisa tumbuh sangat banyak di dalam ginjal. Gejala kista ginjal yaitu sakit perut, mual dan muntah dan terasa sakit di salah satu bagian punggung.

Bahaya

  • Kista yang tidak dirawat dapat mengakibatkan kista pecah yang kemudian menyebabkan nyeri punggung.
  • Kista ginjal dapat menyebabkan gangguan fungsi ginjal dan menghambat aliran urin sehingga sulit buang air kecil bahkan ada darah di dalam urin.
  • Infeksi bisa terjadi pada ginjal sehingga dapat menyebabkan demam dan nyeri parah.

Kista ganglion

Kista ganglion adalah jenis kista yang terletak di pergelangan tangan. Kista ganglion yang tumbuh besar dapat menyebabkan kesemutan, mati rasa di bagian sendi dan terasa sakit ketika disentuh.

Bahaya

Kista ganglion yang tidak dirawat dengan tepat dapat menyebabkan rasa sakit yang parah, batasan gerakan pada bagian sendi dengan kista dam kesemutan. Bahkan bisa kista sudah besar dna tidak diwarat dengan tepat maka dapat menyebabkan peradangan pada sendi terdekat sehingga mengakibatkan rasa sakit yang berkelanjutan.

Kista bartholin’s

Kista bartholin’s atau kista vagina adalah jenis kista yang tumbuh di bagian kelenjar bartholin. Kista bartholin’s sering tidak memunculkan gejala apapun. Akan tetapi kista terbentuk maka dapat terasa nyeri bagian benjolan yang muncul di bagian vagina dan sering tidak nyaman bila disentuh. Jenis kista ini juga menyebabkan rasa tidak nyaman saat berhubungan seksual dan ketika menggunakan pembalut.

Bahaya

Bila kista tidak dirawat dengan cara yang tepat maka dapat menyebabkan kista terus tumbuh dna membuat rasa nyeri di bagian vagina.

Kista baker’s

Kista baker’s adalah jenis kista yang tumbuh dibagian sendi dibawah tekukan lutut. Gejala kista baker’s adalah gerakan sendi menjad lebih terbatas dan bengkak dibagian lutut.

Bahaya

Jenis kista ini tidak berbahaya, hanya saja semua jenis kista dapat terjadi saat kista tidak dirawat dengan tepat. Berikut bahayanya:

  • Bengkak parah pada lutut sehingga mengakibatkan gerakan kaki menjadi terbatas
  • Kista pecah dan cairan dapat menyebar ke bagian betis dan menyebabkan peradangan.
  • Kista yang semakin besar dapat memicu terjadinya kerusakan tulang rawan.

Kista sebaceaous

Kista sebaceaous adalah jenis kista yang tumbuh di permukaan kulit. Kista ini sering ditemukan pada bagian kulit kepala, punggung atas, dada dan belakang leher. Jenis kista ini tidak terasa menyakitkan, hanya saja saat telah berisi keratin dan serpihan putih maka kista dapat terasa lembaut ketika disentuh. Ukuran kista ini bisa sangat kecil dan bisa tumbuh lebih dari 5 cm.

Bahaya

Kista sebaceaous tidak berbahay sebab tidak mempunyai sifat kanker. Tapi, bila ukuran kista telah membesar maka dapat menyebabkan bagian tubuh jadi terasa sakit. Beberapa juga dapat berkembang cepat sehingga akan memicu infeksi dan peradangan, sehingga kista akan mengeluarkan nanah terus menerus.

Kista epidermoid

Kista epidermoid ialah jenis kista yang tumbuh pada bagian lapisan kulit dan terlihat seperti daging yang tumbuh seperti benjolan dengan permukaan yang halus. Kista ini tidak menyebabkan gejala apapun. Pada awal mula terbentuk kista hanya terlihat seperti bintik merah kemudian berubah menjadi tumpul dan muncul perlahan dibawah kulit.

Bahaya

Sama seperti jenis kista lainnya, kista epidermoid juga tidak berbahay dan juga tidak mempunyai sifat kanker. Akan tetapi bila tidak dilakukan perawatan yang tepat maka biasanya kista ini akan tumbuh terus menerus.

Itulah jenis-jenis kista dan bahayanya yang perlu diketahui. Bagi anda yang menderita salah satu jenis kista, sebaiknya lakukan perawatan dengan tepat. Supaya jenis kista yang anda derita tidak akan tumbuh terus menerus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *