Obat Miom Alami

Herbal alami, aman dan tanpa efek samping

Manfaat Mengkonsumsi Tomat Bagi Kesehatan

Manfaat tomat bagi kesehatan sudah diketahui oleh sebagian dari kita. Namun, kandungan nutrisi yang ada pada tomat belum banyak diketahui. Tomat memiliki kandungan nutrisi yang banyak diantaranya folat, kalium, sodium, kalori yang rendah, vitamin A, C dan K. Selain itu, tomat juga mengandung 4 jenis karotenoid utama yaitu, betakaroten, lutein, lycopene dan alpha.

Manfaat Mengkonsumsi Tomat Bagi Kesehatan

Manfaat Mengkonsumsi Tomat Bagi Kesehatan

Meningkatkan kemampuan mata

Manfaat mengkonsumsi tomat bagi kesehatan yaitu dapat membantu meningkatkan kemampuan mata. Hal ini dikarenakan tomat memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yaitu beta karoten. Kandungan ini bertanggung jawab terhadap fungsi vitamin A dalam tubuh. Vitamin A bermanfaat mampu meningkatkan penglihatan dan membantu mencegah rabun senja. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa mengkonsumsi tomat mampu membantu mengurangi risiko degenerasi makula.

Mengurangi rasa sakit

Tomat memiliki kandungan bioflavonoid dan karotenoid yang merupakan zat anti inflamasi yang dapat mengatasi peradangan. Baik peradangan akut maupun peradangan kronis yang biasanya membutuhkan obat untuk melawan rasa sakit (anti inflamasi).

Menurunkan resiko kanker

Manfaat tomat bagi kesehatan yaitu dapat menurunkan resiko kanker. Hal ini dikarenakan tomat kaya akan kandungan antioksidan seperti vitamin C, likopen. Sehingga bila mengkonsumsi tomat secara rutin yaitu setiap hari dapat membantu mencegah pembentukan radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker.

Menurunkan tekanan darah

Untuk menurunkan tekanan darah tinggi maka kurangi asupan natrium. Dan tingkatkan asupan kalium dan salah satu makanan yang memiliki kandungan kalium ialah tomat. Menurut letartur, asupan kalium tinggi dikaitkan dengan penurunan risiko kematian dari semua penyebab hingga 20%.

Kesehatan jantung

Tomat memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk mendukung kesehatan jantung. Dan kandungan nutrisi tersebut yaitu kalium, vitamin C, kolin dan serat. Tingkatkan asupan kalium dan kurangi asupan natrium ialah perubahan pola makan yang sangat penting untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Mencegah sembelit

Bahaya sembelit bagi kesehatan yaitu mampu meningkatkan resiko kanker usus. Oleh karena itu konsumsi makanan yang mengandung serat seperti tomat. Serat sangat penting untuk meminimalkan sembelit dan mengluarkan feses tanpa tersisa.

Menurunkan risiko stroke

Tidak hanya menurunkan risiko kanker saja. Mengkonsumsi tomat secara rutin juga bisa menurunkan risikp stroke. Sebuah studi di filandia menyebutkan bahawa mengkonsumsi banyak likopen dari tomat sangat terkait dengan penurunkan risiko stroke sampai 65%.

Setelah mengetahui manfaat tomat bagi kesehatan, maka diharapkan untuk mengkonsumsi tomat.

Baca juga: Manfaat Daun Sembung Bagi Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *