Manfaat Daun Sembung Bagi Kesehatan Dan Cara Mengolahnya

Daun sembung memiliki nama ilmiah blumea balsamifera. Tanaman ini mempunyai beragam nama di indonesia, orang sunda menyebut tanaman ini sembung utan, orang madura menyebutnya kamandhin, di sumatera orang menyebutnya capa atau capo, dan di ternate orang menyebutnya apompase atau mandikapu. Apapun sebutan namanya, yang terpenting orang indonesia mengetahui manfaat daun sembung bagi kesehatan. Dan berharap […]

Daun sembung memiliki nama ilmiah blumea balsamifera. Tanaman ini mempunyai beragam nama di indonesia, orang sunda menyebut tanaman ini sembung utan, orang madura menyebutnya kamandhin, di sumatera orang menyebutnya capa atau capo, dan di ternate orang menyebutnya apompase atau mandikapu. Apapun sebutan namanya, yang terpenting orang indonesia mengetahui manfaat daun sembung bagi kesehatan. Dan berharap daun sembung bisa dimanfaatkan oleh orang dewasa sebagai obat tradisional untuk berbagai penyakit. Karena mengobati penyakit tidak hanya dengan pengobatan medis saja, bisa dengan cara alami yaitu dengan menggunakan tumbuhan seperti daun sembung.

Manfaat Daun Sembung Bagi Kesehatan Dan Cara Mengolahnya

Tanaman ini tumbuh sampai 4 meter, tegak lurus dan memiliki rambut halus. Daun dibagian tanaman ini bertangkai, bagian atasnya berseling-seling daun yang merunduk dengan bentuk bundar seperti telur dan lonjong. Bagian pangkal daun dan ujungnya lancip, pinggirinya bergerigi. Pada tangkai daunnya biasanya terdapat 2-3 daun tambahan. Bagian atas permukaan daunnya sedikit kasar, namun bagian bawahnya halus bagai beludru. Serta tanaman sembung ini memiliki bunga berwarna kuning yang muncul di pucuk cabangnya.

Kandungan daun sembung

Daun sembung mengandung zat kimia diantaranya minyak atsiri, sesquiterpen, asam palmitin, limonene, glikosida, pirokatechin, borneol, cineoler, tannin, myristin dan zat bergetah. Selain itu juga tanaman ini mengandung zat flavanol yang bersifat anti inflamasi dan diuretik.

Manfaat Daun Sembung Dan Cara Mengolahnya

Nyeri haid

Salah satu manfaat daun sembung bagi kesehatan adalah meredakan nyeri haid. Cara mengolah daun sembung untuk penderita nyeri haid sangat mudah yaitu sediakan terlebih dahulu 5 lembar daun sembung, 5 biji kedaung. Panaskan kedua bahan tersebut diatas api kecil, sesudah layu, haluskan dan rebus dengan menggunakan 2 gelas air. Biarkan mendidih hingga airnya tersisa segelas saja. Saring dan minum airnya saat masih hangat. Sehingga daun sembung ini bisa dijadikan sebagai obat nyeri haid alami.

Mengobati flu dan batuk

Flu dan batuk bisa diobati dengan cara alami yaitu dengan daun sembung. Cara mengolahnya sangat mudah yaitu sediakan 1/4 genggam daun sembung, 1/2 sdm adas, 1/3 genggam daun bayam derduri, 10 cm pulosari dan 1/4 genggam kayu angin. Cuci semua bahan dan rebus dengan menggunakan air 4 gelas. Biarkan hingga mendidih hingga tersisa setengahnya saja. Minum ramuan ini 2 kal sehari.

Mengobati gatal-gatal pada kulit

Sering mengalami gatal-gatal pada kulit? dengan ramuan daun sembung bisa menjadi solusi pengobatan alternatif terbaik untuk mengobati gatal-gatal di kulit.

Cara mengelola daun sembung untuk mengobati gatal-gatal di kulit yaitu sediakan daun sembung yang sudah dikeringkan. Rebus dan biarkan sampai mendidih. Saat masih hangat minum air rebusan daun sembung. Untuk pengobatan luar, daun sembung yang sudah direbus di tempelkan pada kulit yang timbul bisul atau nanah.

Rematik

Cara alami mengobati rematik adalah dengan minum ramuan daun sembung. Caranya sediakan terlebih dahulu 60 gram daun gandarusa dan 30 gram akar sembung. Cuci kedua bahan yang telah disediakan. Rebus dengan menggunakan air 3 gelas. Rebus sampai mendidih sampai tersisa 2 helas kurang. Saring dan ambil airnya untuk diminum.

Meningkatkan nafsu makan

Banyak suplemen untuk meningkatkan nafsu makan, namun tetap anda harus perhatikan suplemen yang anda minum apakah mengandung bahan kimia obat atau tidak. Oleh karena itu bila anda mencari cara alami untuk meningkatkan nafsu makan, anda bisa mengkumsi ramuan daun sembung.

Cara mengolahnya yaitu sediakan terlebih dahulu 6 lembar daun sembung dan air 2 gelas. Cuci daun sembung, setelah tu rebus, biarkan hingga mendidih hingga tersisa 1 gelas kurang. Setelah dingin saring dan minum airnya. Dan tambahkan sedikit madu sekitar 2 sdm madu. Minum ramuan ini di pagi dan sore hari.

Mengobati penyakit maag

Banyak obat maag yang beredar dipasaran. Namun tetap harus hati-hati apakah obat maag yang anda konsumsi mengandung bahan kimia obat atau tidak. Oleh karena itu, pengobatan maag tidak harus dengan mengkonsumsi obat maag. Tapi bisa juga dengan cara alami yaitu dengan daun sembung.

Cara mengolah daun sembung untuk sakit maag yaitu sediakan 5 lembar daun sembung dan 3 gelas air. cuci daun sembung terlebih dahulu. Kemudian rebus, biarkan hingga mendidih hingga airnya tersisa 1/2 gelas saja. Lalu tambahkan 1/4 sdm garam. Minum ramuan ini sebelum makan di pagi hari.

Manfaat lainnya daun sembung untuk kesehatan adalah mengobati diare, meredakan sakit kepala, cacingan dan sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *