Manfaat Biji Labu Kuning Yang Luar Biasa Bagi Kesehatan

Labu kuning tidak hanya memanfaatkan daging buahnya saja, tapi juga bisa memanfaatkan bijinya. Sama seperti labu kuning, biji labu kuning juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Namun belum banyak orang yang mengetahui tentang manfaat biji labu kuning. Biji labu kuning memiliki banyak vitamin diantaranya vitamin A, vitamin B, vitamin E dan vitamin K. Selain […]

Labu kuning tidak hanya memanfaatkan daging buahnya saja, tapi juga bisa memanfaatkan bijinya. Sama seperti labu kuning, biji labu kuning juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Namun belum banyak orang yang mengetahui tentang manfaat biji labu kuning.

Manfaat Biji Labu Kuning Yang Luar Biasa Bagi Kesehatan

Biji labu kuning memiliki banyak vitamin diantaranya vitamin A, vitamin B, vitamin E dan vitamin K. Selain itu juga mengandung mineral berupa magnesium, tembaga dan mangan. Bahkan biji labu kuning ini menjadi sumber protenin dan asam lemak essensial, fenolik dan antioksidan yang dapat membantu membersihkan radikal bebas dalam tubuh. Sehingga tidak heran bila biji labu kuning sangat menyehatkan tubuh.

Manfaat Biji Labu Kuning Bagi Kesehatan

Baik untuk kesehatan organ reproduksi

Salah satu manfaat biji labu kuning bagi kesehatan adalah baik untuk kesehatan organ reproduksi. Karena biji labu kuning mengandung kombinasi mineral, vitamin dan beberapa jenis lemak yang dapat membuat organ reproduksi wanita dan pria lebih sehat.

Baca juga: Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Pada Wanita

Kesehatan jantung

Banyak cara untuk membantu meningkatkan kesehatan jantung diantaranya olahraga teratur dan menerapkan pola makan sehat. Selain itu, konsumsi biji labu kuning karena biji labu kuning memiliki kandungan magnesium yang berperan dalam meningkatkan fungsi jantung dan membantu mengontrol tekanan darah tinggi yang berperan penting untuk mencegah serangan jantung dan stroke.

Kesehatan tulang

Selain minum susu dan olahraga, coba konsumsi biji labu kuning yang baik untuk kesehatan tulang. Hal ini dikarenakan biji labu kuning mempunyai kandungan magnesium yang penting untuk meningkatkan kesehatan tulang dan mencegah keropos tulang (osteoporosis). Selain itu, juga mengandung seng dan fosfor. Konsumsilah 1/4 cangkir biji labu setiap hari.

Meningkatkan fungsi kandung kemih dan kesehatan prostat

Mengkonsumsi biji labu kuning secara teratur dapat membantu mendukung fungsi kandung kemih serta memerangi berbagai gejala yang berkaitan dengan kandung kemih yang terlalu aktif.

Selain itu, biji labu juga bisa menjadi solusi untuk pengobatan pembesaran prostat. Karena biji labu kuning memiliki kandungan senyawa fitosterol yang bermanfaat untuk membantu mengecilkan pembesaran prostat.

Mencegah komplikasi diabetes

Sebuah studi menunjukan bahwa biji labu kuning dapat membantu meningkatkan regulasi insulin dan juga mencegah komplikasi diabets dengan menurunkan stres oksidatif. Sehingga biji labu ini baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Selain itu, biji labu juga memiliki kandungan senyawa fitokimia yang bermanfaat untuk membantu mencegah nefropati diabetik (openyakit ginjal diabetik). Bagi penderita diabetes konsumsilah 2 sdm biji labu panggang setiap 1 sehari.

Manfaat lainnya dari bijilabu kuning bagi kesehatan diantaranya meredakan radang sendi, menurunkan kolesterol jahat dan menyembuhkan luka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *