Obat Miom Alami

Herbal alami, aman dan tanpa efek samping

Makanan Yang Boleh Dimakan Penderita Diabetes

Diabetes merupakan kondisi, dimana gula darah dalam badan naik. Sebahagian besar kasus bisa dicegah dengan perubahan gaya hidup sehat. Olahraga secara rutin serta mengonsumsi makanan yang tepat merupakan kunci untuk mencegah diabetes. Bahkan dengan mengkonsumsi makanan sehat juga dapat menormalkan kembali kadar gula darah dalam tubuh. Oleh karena itu, bagi penderita diabetes sebaiknya konsumsilah makanan yang boleh dimakan penderita diabetes.

makanan yang boleh dimakan penderita diabetes

 

Beberapa Makanan Yang Boleh Dimakan Penderita Diabetes

Brokoli

Salah satu makanan yang boleh dimakan penderita diabetes ialah brokoli. Karena brokoli mengandung sulforaphane yang memicu proses anti inflamasi , mengontrol kadar glukosa darah, meningkatkan mekanisme detoksifikasi alami dalam tubuh serta meningkatkan produksi enzim yang mengendalikan senyawa kimia berbahaya penyebab kanker. Kandungan kromium dalam brokoli juga membantu meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh.

Blueberry

Blueberry mengandung serat larut dan tidak larut. Serat tidak larut dalam blueberry bermanfaat mampu menghilangkan lemak dari tubuh, sedangkan larut yang diolah lebih lama dalam tubuh dan mengendalikan kadar gula darah.

Selain itu, Blueberry juga mengandung antosianin , senyawa bahan kimia alami yang mengecilkan sel lemak dan menstimulasi produksi adiponektin, hormon yang mengatur kadar glukosa darah. Meningkatkan kadar adiponektin akan menjaga kadar gula darah tetap rendah dan meningkatkan sensitifitas tubuh pada insulin.

Oatmeal

Pemilihan sumber karbohidrat sangat penting bagi penderita diabetes karena berpengaruh besar pada kadar gula darah. Salah satu makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan serat larut tinggi yaitu oatmeal. Serat ini lebih lambat dicerna oleh tubuh maka kadar glukosa darah lebih terkontrol.

Kunyit

Kunyit mengandung zat aktif curcumin diyakini dapat mengatur metabolisme lemak dalam tubuh. Curcumin bekerja pada sel lemak, sel pankreas , sel ginjal dan sel otot secara langsung dengan meredakan peradangan dan mencegah nekrosis tumor penyebab kanker dan interlukon-6. Para ahli menyakini bahwa kombinasi semua faktor ini membuat curcumin dapat mengatasi resistensi insulin, kolesterol & kadar gula darah yang tinggi serta gejala lain terkait obesitas.

Buah-buahan citrus

Buah-buahan citrus seperti grafruit, jeruk dan lemon mengandung serat dan vitamin C dalam jumlah tinggi. Buah-buahan ini mengandung gula alami fruktosa yang tak meningkatkan gula darah secara signifikan sesudah dimakan. Fiber yang terkandung di dalamnya juga dapat membantu mengontrol gula darah.

Kacang-kacangan

Beberapa penelitian menunjukan bahwa orang yg konsumsi kacang-kacangan dengan cara teratur didapati mengalami penurunan risiko diabetes sebesar 21%. Jenis kacang-kacangan yang boleh dimakan penderita diabetes adalah kacang walnut, almond, dan kacang mete.

Nah, itulah beberapa makanan yang boleh dimakan penderita diabetes yang harus anda ketahui. Semoga dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *