Khasiat Temu Putih Bagi Kesehatan Dan Efek Sampingnya

Temu putih memiliki manfaat dan khasiat yang baik bagi kesehatan dan juga untuk pengobatan penyakit. Namun khasiat temu putih belum diketahui oleh banyak orang. Oleh karena itu, kali ini akan membahas tentang khasiat temu putih bagi kesehatan dan efek sampingnya. Temu putih adalah sejenis tanaman rimpang seperti kunyit, jahe. Temu putih mempunyai nama ilmiah curcuma […]

Temu putih memiliki manfaat dan khasiat yang baik bagi kesehatan dan juga untuk pengobatan penyakit. Namun khasiat temu putih belum diketahui oleh banyak orang. Oleh karena itu, kali ini akan membahas tentang khasiat temu putih bagi kesehatan dan efek sampingnya.

Temu putih adalah sejenis tanaman rimpang seperti kunyit, jahe. Temu putih mempunyai nama ilmiah curcuma zedoaria. Ciri-ciri tanaman ini yaitu kulinya berwarna coklat tipis ataupun orange terang, baunya mirip kunyit atau mangga, mempunyai bunga berwarna kuning, daunnya berbentuk bulat telur dengan bintik-bintik warna ungu, buahnya berbentuk segitiga dan bulat telur dan berakar rimpang.

Khasiat Temu Putih Bagi Kesehatan Dan Efek Sampingnya

Temu putih memiliki banyak kandungan bahan aktif diantaranya minyak atsiri, kurkumin, demetoksikurkumin, cineole, curcumenole, borneol, resin, curcumol, curdione, dan etanol. Selain itu ada beberapa sifat kimia yang ada pada temu putih diantaranya antimikroba, antiinflamasi, antikanker, antioksidan dan jepatoprotektor.

Khasiat Temu Putih Bagi Kesehatan

Meredakan gejala arthritis

Salah satu khasiat temu putih bagi kesehatan adalah membantu meredakan gejala arthritis. Kandungan petroleum dan klorofum dari akar temu putih bisa membantu mengurangi iritasi, dan mengurangi pembengkakan sendi pada penderita arthritis.

Maag

Khasiat temu putih untuk pengobatan penyakit adalah untuk mengurangi gejala sakit maag. Cara mengolah temu putih untuk mengobati gejala maag yaitu dengan cara direbus. dan minum ramuan ini selagi hangat 2 kali sehari.

Mengobati miom

Tidak hanya mengobati penyakit ringan saja, khasiat temu putih juga bisa untuk pengobatan serius salah satunya untuk miom. Cara mengolah temu putih untuk mengobati miom yaitu dengan cara merebusnya dan campurkan dengan temu mangga. Minum ramuan tersebut 2/3 gelas 3 kali sehari sesudah makan.

Meningkatkan nafsu makan

Nafsu makan anda menurun? tidak perlu mengkonsumsi suplemen ataupun obat. Cara meningkatkan nafsu makan bisa dengan cara alami yaitu dengan menggunakan temu putih. Rebuslah temu putih. Dan minum ramuan tersebut selagi hangat untuk membantu memulihkan nafsu makan.

Meredakan nyeri haid pada wanita

Mengatasi nyeri haid tidak perlu mengkonsumsi obat, karena bisa dengan cara alami yaktu dengan mengkonsumsi air temu putih yang hangat. Hal ini dikarenakan temu putih memiliki kandungan resin, borneol, cineole, dan cucumol yang dapat membantu mengurangi nyeri karena haid.

Mengurangi resiko kista pada wanita

Kista dengan taraf ringan bisa ditangani dengan operasi pengangkatan kista. Akan tetapi bila sudah berat, maka harus diangkat rahimnya. Selain operasi, untuk mengurangi resiko kista bisa secara alami yaitu dengan mengkonsumsi temu putih. Hal ini dikarenakan temu putih memiliki zat tang dapat mengurangi resiko kista pada wanita. Dan kandungan zat yang ada pada temu putih tersebut diantaranya resin, borneol, cineole, dan cucumol.

Kanker

Temu putih memiliki kandungan zedoarin, kurkumol dan kurdiona yang bertindak  sebagai anti-neoplastik terhadap sel kanker dan jaringan yaitu dengan meningkatkan pembentukan jaringan fibroblast liar di sekitar jaringan kanker dan membentuk lapisan limfosit dalam sel-sel kanker dan membungkusnya. Sehingga sel-sel jaringan kanker tidak dapat tumbuh dan akhirnya sel-sel kanker akan mati dan tidak lagi berbahaya. Tidak hanya itu, antioksidan yang berasal dari imunomodulator yang ada pada temu putih adalah zat yang bisa meningkatkan jumlah limfosit, meningkatkan toksisitas sel pembunuh kanker dan sintesis antibodi.

Meskipun temu putih memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan, tapi jangan terlalu banyak mengkonsumsinya dan konsumsilah temu putih dengan porsinya. Karena bila terlalu banyak mengkonsumsi temu putih bisa mengakibatkan kerusakan pada sel darah putih dan darah merah dan menurunnya gula darah.

Bagi ibu hamil maupun ibu menyusui harus menghindari penggunaan kunyit putih secara langsung (dimakan). Sebab kunyit putih memiliki kandungan zat yang bisa membehayakan janin bahkan bisa mengakibatkan keguguran dan gangguan usus besar.

Itulah manfaat temu putih bagi kesehatan dan efek sampingnya. Semoga dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *