Obat Miom Alami

Herbal alami, aman dan tanpa efek samping

Jenis-Jenis Penyakit Miom

Sekilas Tentang Miom

miom 2

Jenis-Jenis Penyakit Miom,-Miom atau disebut juga dengan mioma uteri merupakan kependekan dari Leimyoma Uteri (Fibroid). Miom adalah sejenis tumor otot rahim merupakan sel tumor jinak tumbuh di dinding rahim atau vagina yang tumbuh pada wanita dalam periode produktif. Beberapa teori menyebutkan bahwa pertumbuhan tumor disebabkan rangsangan hormon estrogen. Pada jaringan mioma reseptor estrogen lebih tinggi dibandingkan otot kandungan (miometrium) sekitarnya sehingga mioma uteri ini seringkali tumbuh lebih cepat pada kehamilan membesar pada usia reproduksi dan biasanya berkurang ukurannya sesudah menopause (mengecil pada masa menopause). Pengaruh mioma uteri terhadap kesehatan dan kesuburan wanita yang sangat ditentukan oleh ukuran dan lokasinya.

Jenis-Jenis Mioma Uteri

1).Pedunculated Fibroid

Pedunculated Fibroid adalah mioma uteri yang terletak di luar rahim dan masih rongga perut biasanya akan berhubungan dengan rahim melalui satu tangkai yang memberikan darah sebagai sumber kehidupan benjolan. Benjolan ini dapat bergerak sesuai dengan perubahan posisi tubuh.

2).Pedunculated Submucous Fibroid

Pedunculated Submucous Fibroid merupakan mioma uteri berada di mulut rahim dan berhubungannya dengan dinding rahim melalui satu tangkai sebagai sumber makanan, keluhannya dapat berupa pendarahan terus-menerus yang bercampur lendir. Posisi mioma seperti itu juga akan memperkecil kemungkinan penderita untuk bisa hamil

3).Subserous Fibroid

Subserous Fibroid adalah mioma uteri yang tumbuh di dinding rahim bisa menonjol ke luar, ke dalam atau terbenam di dalamnya. Efek mioma uteri jenis ini lebih banyak ke arah mekanis seperti menekan kandung kemih, usus besar, ataupun saluran telur. Akibat yang ditimbulkannya tergantung efek penekanan itu, bisa gangguan buang air kecil, gangguan buang air besar, atapun tidak hamil.

4).Intramural Fibroid

Intramural Fibroid merupakan mioma uteri yang terbenam didalam dinding rahim. Posisi mioma uteri jenis ini dapat mengganggu kontraksi rahim. Pada saat haid, rahim akan terasa memeras darah keluar dari rongganya. Namun, karena adanya mioma uteri didalam dinding rahim, proses pemerasan tersebut pun akan terganggu. Akibatnya darah haid yang seharusnya bisa, keluar lancar akan terganggu, sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman dan pendarahan, haid agak memanjang dan banyak.

5).Submucous Fibroid

Submucous Fibroid adalah mioma uteri yang berada di sebelah dinding dalam. Mioma uteri jenis ini paling sering menimbulkan masalah pendarahan. Ini sesuai dengan lokasinya di permukaan dalam dinding rahim walaupun ukurannya kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *