Jangan Terlambat ! ketahui Penyebab Dan Gejala Polip Serviks

Ladies apa anda ketahui tentang polip serviks? Polip ialah sejenis tumor yang bersifat jinak. Dan polip servik ialah tumor jinak yang tumbuh di serviks. Mungkin bagi sebagian wanita akan terasa asing ketika mendengar penyakit polip serviks. Padahal polip serviks adalah salah satu penyakit yang menyerang wanita. Oleh karena itu penyebab dan gejala polip serviks berikut […]

Ladies apa anda ketahui tentang polip serviks? Polip ialah sejenis tumor yang bersifat jinak. Dan polip servik ialah tumor jinak yang tumbuh di serviks. Mungkin bagi sebagian wanita akan terasa asing ketika mendengar penyakit polip serviks. Padahal polip serviks adalah salah satu penyakit yang menyerang wanita. Oleh karena itu penyebab dan gejala polip serviks berikut ini sangat penting untuk diketahui.

Jangan Terlambat ! ketahui Penyebab Dan Gejala Polip Serviks

Penyebab Dan Gejala Polip Serviks

Penyebab Polip Serviks

Para ahli kedokteran secara umum belum bisa memastikan penyebab polip serviks. Mereka hanya dapat menyimpulkan dari berbagai kasus dan membegi penyebabnya menjadi 3. Tiga penyebab tersebut diantaranya:

  • Meningkatnya kadar hormon estrogen
  • Peradangan di saluran serviks. Peradangan ini disebabkan oleh infeksi bakteri, berbagai jenis jamur, infeksi HPV herpes, perubahan hormon dan keguguran ketika hamil.
  • Penyumbatan pembuluh darah

Faktor resiko polip serviks

Faktor yang dapat meningkatkan seorang wanita terkena polip serviks:

-Faktor usia. Wanita yang berusia diatas 40 tahun atau menjelang menopause beresiko tinggi terkena polip serviks sebab hormon estrogen yang meningkat.

-Obesitas. Wanita yang obesitas akan berisiko terkena berbagai penyakit salah satunya polip serviks. Sebab obesitas dapat meningkatkan resiko penyumbatan darah sebab terdesak lemak.

-Penggunaan tamoksifen. Tamoksifen ialah obat yang digunakan untuk menangani kanker rahim. Tapi obat ini dipercara dapat meningkatkan resiko polip.

-Hipertensi. Hipertensi atau dikenal juga dengan nama darah tinggi yang bisa menimbulkan penyumbatan darah yang menjadi salah satu penyebab polip serviks.

Gejala Polip Serviks

Setiap penderita polip serviks berbeda-beda, ada yang mengalami gejala dan ada juga yang tidak mengalami gejala sama sekali. Meskipun begitu, ladies harus mengetahui gejala polip serviks diantaranya:

  • Terasa nyeri saat melakukan hubungan intim. Terasa nyeri saat melakukan hubungan intim merupakan gejala polip serviks karena polip serviks ialah benjolan di saluran yang menghubungkan sel sperma dengan sel telur, sehingga saat berhubungan intim akan bergesekan dengan sel sperma ataupun penis, dan akibatya akan terasa sangat sakit.
  • Mengalami pendarahan saat berhubungan intim. Jumlah pendarahan berbeda-beda ada yang sedikit bahkan ada juga banyak tergantung pada tingkat keparahan penyakit polip serviks yang diderita. Bahkan pendarahan jga bisa terjadi bersamaan dengan keluarnya darah haid.
  • Sulit hamil

Itulah penyebab dan gejala polip serviks yang jarang diketahui. Oleh karena itu, jangan terlambat untuk mengetahui penyebab dan gejalanya dan jangan sepelekan bila anda mengalami gejala polip serviks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *