Infeksi Jamur Pada Organ Intim Wanita

Infeksi jamur pada umumnya mempengaruhi kesehatan kulit, mulut dan juga organ intim pria ataupun wanita. Pada wanita, infeksi kelamin yang paling sering di alami adalah infeksi jamur. Infeksi jamur pada organ intim wanita jika dibiarkan  dapat mengganggu fungsi organ intim wanita, dan dapat menyebabkan rasa nyeri, tidak nyaman serta sakit. Faktor Penyebab Infeksi Jamur Pada […]

Infeksi jamur pada umumnya mempengaruhi kesehatan kulit, mulut dan juga organ intim pria ataupun wanita. Pada wanita, infeksi kelamin yang paling sering di alami adalah infeksi jamur. Infeksi jamur pada organ intim wanita jika dibiarkan  dapat mengganggu fungsi organ intim wanita, dan dapat menyebabkan rasa nyeri, tidak nyaman serta sakit.

gambar wanita dengan infeksi jamur

Faktor Penyebab Infeksi Jamur Pada Organ wanita

Ada beberapa faktor yang menyebabkan timbulnya infeksi jamur pada organ intim wanita diantaranya:

1.Penggunaan celana dalam terlalu ketat

Penggunaan celana dalam terlalu ketat menimbulkan kelembaban dengan intensitas yang tinggi. Tidak adanya sirkulasi udara dari organ intim yang menyebabkan menumpuknya jamur dan bakteri penyebab infeks berada dalam vagina dalam waktu lama. Hindari penggunaan celana dalam berbahan sintetis ataupun stoking. Kedua bahan tersebut tidak mampu memberikan ruang untuk sirkulasi udara dalam vagina.

2.Terlalu sering menggunakan sabun pembersih organ intim wanita

Sebaiknya hindari penggunaan produk sabun pembersih organ intim wanita, karena produk pembersih organ intim wanita mempunyai aroma wangi yang menyebabkan  matinya bakteri baik yang ada pada disekitar organ intim wanita. Bakteri baik bermanfaat untuk menghalangi bakteri jahat yang akan masuk ke dalam vagina. Selain itu, PH yang terkandung dalam setiap produk berbeda-beda. Jika ingin menggunakan produk pembersih organ intim gunakanlah sesuai PH yang dianjurkan dan tidak mempunyai aroma wangi yang menyengat. Dan jangan terlalu sering menggunakan produk sabun pembersih vagina, namun gunakan sesuai kebutuhan.

3.Sering menggunakan Pil KB dan Antibiotic

Pada wanita yang menggunakan Pil KB dan antibiotic dengan skala waktu yang lama memungkinkan untuk terkena infeksi jamur pada vagina. Hal tersebut dikarenakan perubahan hormone setiap bulannya yang menyebabkan munculnya bakteri jahat pada vagina dan antibiotic membunuh bakteri baik yang ada disekitar vagina. Sehingga bakteri jahat akan bebas berkeliaran di sekitar vagina yang mengakibatkan munculnya infeksi pada organ intim wanita.

Gejala Infeksi Jamur Pada Organ Intim Wanita

1.Gatal serta sensasi terbakar

Selain rasa gatal, juga akan terasa sensai seperti terbakar dan sakit pada saat buang air kecil. Hal ini merupakan gejala umum yang dialami oleh penderita infeksi jamur.

2.Keputihan

Selain rasa gatal serta sensasi terbakar, gejala lainnya infeksi jamur pada organ intim wanita adalah keputihan. Keputihan adalah keluarnya lendir pada organ intim wanita. Keluarnya lendir ini biasanya akan diikuti dengan rasa gatal serta sensai terbakar pada organ intim wanita. Perlu anda tahu, penyebab timbulnya keputihan pada wanita adalah kebersihan vagina kurang terjaga, faktor stress, dan sebagainya. Oleh sebab itu, cegah hal ini dengan sellau menjaga kebersihan organ intim wanita agar tetap kering.

3.Sakit pada organ intim wanita

Rasa sakit pada organ intim wnaita, rasa tidak nyaman pada saat buang air kecil serta sakit melakukan hubungan seksual dengan pasangan juga merupakan gekala terjadinya infeksi jamur pada organ intim wanita.

Upaya untuk pencegahan terjadinya infeksi pada organ intim wanita adalah hindari penggunaan celana dalam terlalu ketat, jangan menggunakan celana dalam yang masih basah, jangan terlalu sering menggunakan produk sabun pembersih vagina dan yang terpenting harus selalu menjaga kebersihan organ intim wanita agar selalu tetap kering.

Sumber : (www.agarcepathamil.info dan pondokibu.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *