Faktor Yang Mempengaruhi Kesuburan Wanita

faktor yang mempengaruhi kesuburan wanita,- Seiring dengan bertambahnya usia,   kesuburan wanita pun akan terus menurun. Jika kita bagi kedalam 2 golongan, maka usia merupakan faktor internal yang mempengaruhi masalah tersebut. Memang tak dipungkiri jika banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut bisa terjadi, salah satunya yakni haya hidup tidak sehat dan ini bisa dikatakan faktor eksternal […]

faktor yang mempengaruhi kesuburan wanita,- Seiring dengan bertambahnya usia,   kesuburan wanita pun akan terus menurun. Jika kita bagi kedalam 2 golongan, maka usia merupakan faktor internal yang mempengaruhi masalah tersebut. Memang tak dipungkiri jika banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut bisa terjadi, salah satunya yakni haya hidup tidak sehat dan ini bisa dikatakan faktor eksternal atau faktor luar.

Kesuburan wanita juga dapat dipengaruhi oleh kondisi kesehatan sekarang dan juga kondisi diwaktu lampau yang pernah dialami. Berikut ini ialah beberapa faktor yang mempengaruhi kesuburan wanita.

Faktor Yang Mempengaruhi Kesuburan Wanita

1.Obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan sebenarnya dapat mempengaruhi kesuburan wanita, karena jika kelebihan berat badan maka akan mepengaruhi produksi hormon sehingga membuat wanita tersebut sulit untuk hamil.

Baca juga : dampak obesitas pada kesuburan

2.Terlalu kurus

Jika tadi kelebihan berat badan, sekarang kekurangn berat badan. Ternyata keduanya juga dapat mempengaruhi kesuburan wanita, karena terlalu kurang atau memiliki berat badan kurang maka akan kekurang leptin yakni hormon yang mengontrol rasa lapar & perasaan kenyang. Leptin ini mengganggu wakti menstruasi.

3.Merokok

Selain dapat mengakibatkan serangan jantung, gangguan paru-paru & impoten , ternyata merokok juga sangat berbahaya bagi kesuburan wanita. Tidak kemungkinan wanita pecandu rokok akan sulit hamil. Karena asap rokok tersebut dapat merusak DNA baik untuk wanita ataupun pria.

4.Kesuburan wanita dapat dipengaruhi oleh kondisi kesehatan dimasa lampau yang pernah dialami

Kesuburan wanita dapat dipengaruhi oleh kondisi kesehatan dimasa lampau yang pernah dialami seperti endometriosis, fibroid rahim, sindrom ovarium polikistik, radang panggul, infeksi menular seksual seperti klamidia atau gonore, infeksi saluran tuba atau kehamilan ektopik, penyakit kronis seperti diabetes, kanker atau penyakit tiroid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *