Efek Samping KB Suntik

Efek Samping KB Suntik,- KB suntik yakni salah satu metode kontrasepsi (pencegahan kehamilan) yang diberikan lewat suntikan yang masih banyak dipakai di negeri berkembang seperti indonesia. KB suntik yakni pilihan yang paling baik bagi ibu-ibu yang tak merasa nyaman atau tidak jarang merasa lupa bersama pemakaian pil KB yang mesti di minum tiap-tiap hari. Ada […]

Efek Samping KB Suntik,- KB suntik yakni salah satu metode kontrasepsi (pencegahan kehamilan) yang diberikan lewat suntikan yang masih banyak dipakai di negeri berkembang seperti indonesia. KB suntik yakni pilihan yang paling baik bagi ibu-ibu yang tak merasa nyaman atau tidak jarang merasa lupa bersama pemakaian pil KB yang mesti di minum tiap-tiap hari.

Ada 2 jenis KB suntik diantaranya KB suntik 1 bulan & KB suntik 3 bulan. KB suntik 1 bulan adalah jenis kb suntik yang diberikan sesudah 7 hari mula-mula mengalami menstruasi atau 6 pekan sesudah proses kelahiran. Suntikan ini diberikan 1 bulan sekali. Sedangkan KB suntik 3 bulan adalah jenis kb suntik yang diberikan sewaktu 3 bulan sekali.

Bahaya atau efek Samping KB suntik dalam jangka waktu panjang

1.Timbulnya gangguan menstruasi

Pemakaian kb suntik dalam dalam waktu panjang bakal menyebabkan terjadinya perubahan siklus menstruasi adalah mampu lebih panjang atau bahkan lebih pendek. Pada waktu menstruasi , darah yang dikeluarkan mampu terlampaui tidak sedikit ataupun sedikit. Terkadang cuma timbul bercak-bercak saja & tak mengalami haid sama sekali.

2.Gangguan masalah kesuburan

Terhadap diwaktu untuk menghentikan pemakaian KB suntik, pemakaian kontrasepsi ini sanggup saja mengalami masalah kesuburannya ialah terlambatnya proses kesuburannya kembali. Tidak Sedikit yang menganggap hal itu yaitu kelainan kepada organ genitalia. Tapi, sebenarnya elemen ini berjalan dikarenakan resiko pelepesan obat belum habis.

3.Menurunnya kepadatan tulang

Pemakaian KB suntik dalam jangka diwaktu panjang akan menyababkan terjadinya penipisan pda tulang yang kepada akhinya bakal berdampak kepada peurunan kepadatan tulang (osteoporosis). Buat itu, para ahli teramat menyarankan untuk melaksanakan konsultasi peninjauan tiap-tiap 2 tahun sekali dengan tenaga medis.

4.Vagina jadi kering

Penyuntikan progesteron dapat mengakibatkan pengentalan lendir terhadap vagina. Selain itu, akan mengubah makanan yang mengandung karbohidrat jadi lemak yang susah bereaksi pada air. Perihal ini berarti bahwa orang yang mempunyai penumpukan lemak di tubuh condong mempunyai kadar air yang sedikit dalam tubuhnya. Keadaan ini serupa saat hormon progesteron di suntikan ke badan. Sehingga bisa menyebabkan resiko vagina jadi kering.

5.Penurunan libido

Pemakaian KB suntik mampu berakibat terhadap penurunan libido. Aspek ini nantinya bisa mempengaruhi dairah seksual perempuan. Buat itu, amat sangat disarankan olahraga dengan cara rutin guna meningkatkan kuantitas hormon yang meningkatkan libido.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *