Obat Miom Alami

Herbal alami, aman dan tanpa efek samping

Darah Menstruasi Berlebihan? Waspadai Menorrhagia

Ladies apakah anda pernah menstruasi atau haid berlebihan atau lebih lama dari biasanya? waspadai terhadap menorrhagia. Mentruasi berlebihan juga bisa menjadi tanda adanya gangguan kesehatan. Seorang wanita dianggap mengalami menstruasi berlebihan bila kuantitas darah yang dikeluarkan sekitar 60-80 ml. Memang jumlah tersebut tidak dapat dijadikan bahwa seorang wanita mengalami mentruasi berlebihan, karna jumlah darah yang dikeluarkan saat menstruasi berbeda-beda pada setiap wanita. Bila anda khawatir mengalami menstruasi berlebihan, maka konsultasi dan periksakan pada dokter.

darah menstruasi berlebihan waspadai menorrhagia

Mengenal Penyebab Dan Gejala Menorrhagia

Penyebab Menorrhagia

Penyebab menorrhagia tidak diketahui secara pasti, tapi ada beberapa yang memicu menorrhagia diantaranya radang panggul, fibroid rahim, endometriosis, sindrom ovarium polikistik, adenomiosis, hipotiroidisme, polip rahim, gangguan pada ovarium, kanker dan efek samping obat.

Sedangkan risiko menorrhagia akan lebih tinggi pada perempuan obesitas, tergantung pada asupan estrogen tanpa progestin, siklus haid tidak lancar dan wanita yang sedang menderkati masa menopause.

Gejala Menorrhagia

  • Darah haid keluar banyak di malam hari
  • Mengalami anemia sebab kekurangan zat besi
  • Haid lebih dari 8 hari
  • Lelah, lemah dan nafas pendek
  • Mengeluarkan cukup gumpalan darah menstruasi

Pengobatan Menorrhagia

Pengobatan pada penderita menorrhagia bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu melalui obat-obatan dan operasi. Obat-obatan yang dapat digunakan untuk menangani menorrhagia yaitu tablet asam traneksamat, obat anti-inflamasi nonsteroid, pil kontrasepsi kombinasi, LNG-IUS, progesteron suntik, norethisterone dan analog GnRH-a.

Sedangkan untuk operasi, ada beberapa jenis operasi untuk penderita menorrhagia diantaranya dilatasi dan kuretase, embolisasi arteri rahim, miomektomi, resksi endometrium, ablasi endometrium dan histerektomi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *