Dampak Obesitas Pada Kesuburan

Dampak obesitas pada kesuburan,- Obesitas adalah kondisi kelebihan berat badan sebagai akibat penimbunan lemak yang berlebihan. Obesitas biasanya diawali dengan kondisi kelebihan berat badan. Dikatakan kelebihan berat badan atau obesitas itu ada skalanya sendiri. Menurut WHO, bisa dihitung melalui BMI  / Body mass indeks. Jika BMI > 30 maka dikatakan obesitas. Bahkan penelitian menemukan bahwa […]

Dampak obesitas pada kesuburan,- Obesitas adalah kondisi kelebihan berat badan sebagai akibat penimbunan lemak yang berlebihan. Obesitas biasanya diawali dengan kondisi kelebihan berat badan. Dikatakan kelebihan berat badan atau obesitas itu ada skalanya sendiri. Menurut WHO, bisa dihitung melalui BMI  / Body mass indeks. Jika BMI > 30 maka dikatakan obesitas.

Bahkan penelitian menemukan bahwa wanita dengan BMI atau lebih mempunyai kemungkinan lebih rendah untuk hamil secara alami dibandingkan wanita yang mempunyai BMI normal antara 21-29.

obesitas

Lalu apa dampak obesitas pada kesuburan wanita ? berikut adalah penjelasan tentang dampak obesitas pada kesuburan wanita.

Kesuburan memang sangat penting bagi pria maupun wanita. Kesuburan wanita merupakan penentu berhasil apa tidaknya wanita untuk hamil. Namun tak jarang wanita yang mempunyai masalah kesuburan, dan salah satu faktor penyebab wanita tidak subur  adalah obesitas ( kelebihan berat badan ). Bahkan obesitas dapat mempengaruhi kesuburan dan mengganggu keseimbangan hormon di dalam tubuh, satu kondisi tersebut adalah kemandulan (infertilitas).

Obesitas dengan infertilitas atau ketidak suburan hormon menyebabkan ovulasi atau gagal ovulasi. Obesitas berkaitan pada gangguan hormon yang penting untuk kehamilan seperti estrogen, androgen, dan progeterone, hal ini dapat membuat siklus haid wanita menjadi berantakan, terlambat dan akhirnya sulit hamil.

Selain itu, bila terdapat timbunan lemak di dalam indung telur atau ovarium maka akan mengganggu tumbuh kembang janin dan berakhir pada keguguran. Perubahan hormon yang disebabkan oleh masalah kesuburan wanita obesitas. Berat badan terjadi karena ada timbunan lemak yang memicu perubahan hormon.

Itulah dampak obesitas pada kesuburan. Tips untuk menjaga berat badan dan meningkatkan kesuburan wanita adalah melakukan olahraga ringan setiap hari dalam waktu 1 jam misalnya lari pagi, bersepeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *