Obat Miom Alami

Herbal alami, aman dan tanpa efek samping

Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Pada Wanita

Selamat datang kembal di website kami obat miom alami, kali ini kami akan memberikan infromasi tentang cara menjaga kesehatan reproduksi pada wanita. Banyak masalah yang dapat mengganggu kesehatan organ reproduksi  wanita, misalnya infeksi yang disebabkan oleh jamur, virus / bakteri, yang dapat menyebabkan radang menyebabkan radang panggul atau ada kelainan pada struktur organ reproduksi  wanita. Selain itu juga perlu anda ketahui  jenis-jenis gangguan kesehatan reproduksi wanita yaitu siklus haid tidak tertur, infeksi vagina, gangguan endometriosis , dll.

Sebenarnya, untuk menjaga kesehatan organ reproduksi wanita dapat dilakukan dengan relatif sederhana, tidak membutuhkan waktu lama dan biaya yang mahal. Ada beberapa cara untuk menjaga kesehatan reproduksi pada wanita.

Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Pada Wanita

  1. Setelah buang air kecil atau air besar, bersihkan bagian luar vagina dengan menggunakan air bersih. Dengan arah dari depan ke belakang.
  2. Hindari penggunaan pembersih vagina yang dijual dipasaran, karena dapat menimbulkan efek samping dan mengubah ph vagina. Produk yang sebaiknya anda hindari adalah apabila setelah digunakan menimbulkan rasa gatal, pedih, dan kemerah-merahan.
  3. Jangan menggunakan sabun atau menyapu shower gel pada vagina karena akan memicu kondisi kering, iritasi kulit dna akan menjadi gatal. Bahkan beberapa wanita sensitif dan laergi terhadap kandungan pewangi serta busa yang ada pada sabun.
  4. Bersihkanlah alat kelamin baik suami ataupun istri ketika dan setelah melakukan hububgan badan, dengan menggunakan air bersih. Sebaiknya anda juga membuang air kecil lebih kurang setengah jam setelah berhubungan badan, hal ini akan mengurangi risiko infeksi kandung kemih.
  5. Gunakan pembalut dengan permukaan yang lembut dan kering sehingga tidak menimbulkan iritasi ketika anda haid. Sering-seringlah menganti pembalut terutama pada awal haid yang biasanya banyak mengeluarkan darah. Pada saat aliran darah banyak, minimal 5-6 jam sekali. Darah yang tertampung pada pembalut bisa menjadi media tumbuhnya kuman penyebab infeksi.
  6. Ganti celana minimal 2x sehari, dan bila anda mengalami keputihan sebaiknya gunakan panty liner. Pada saat tidur sebaiknya tidak menggunakan celana dalam, agar sirkulasi udara dan darah lebih lancar.
  7. Hindari ( douching ), yaitu memasukan bagian jari atau ejakulasi ke dalam vagina, meskipun itu bertutujuan membersihkan bagian dalam vagina. Aktifitas yang anda lakukan ini akan menghilangkan bakteri loctobacili dan juga memicu iritasi kulit.
  8. Keputihan normal terjadi pada waktu beberapa hari sebelum haid, ketika mengalami gairah seks, kehamilan dan klimakterik atau setelah menopause. Keputihan yang terjadi pada di luar waktu-waktu tersebut disertai bau tidak sedap, warna yang kuning / kehijau-hijauan, rasa gatal harus diwaspadai dan berkonsultasilah dengan dokter.
  9. Bulu disekitar area kewanitaaan jika terlalu panjang akan menjadi sarang kuman. Namun jika tidak ada bulu sama sekali, maka tidak akan ada yang melindungi organ kewanitaan dari kotoran. Memotong bulu kewanitaan memang disarankan, namun cukup dengan gunting dan kebersihan alat potong tersebut juga harus diutamakan.
  10. Berkonsultasi segera mungkin ke dokter spesialisasi kandungan bila mengalami masalah atau gangguan seperti yang disebutkan diatas untuk mengetahui penyebabnya dan cara menanggulanginya.
  11. Rajin berolahraga, karena olahraga merupakan hal penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Dengan berolahraga, maka peredaran darah juga akan menjadi lancar dan daya tahan tubuh akan meningkat. Olahraga ini juga merupakan upaya untuk membakar kemak berlebih yang biasanya juga bisa mengganggu sistem reproduksi wanita.
  12. Hindari stres berlebihan dan konsumsi makanan seimbang.
  13. Perbanyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang kaya akan serat serta antioksidan. Hal ini tidak hanya membantu mencegah infeksi yang disebabkan jamur pada organ kewanitaan, tapi juga membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *