Cara Mencegah Kanker Serviks

Kanker serviks adalah jenis kanker terbanyak yang diderita wanita. Pemicu penyebab kanker serviks adalah infeksi virus Human Papilloma Virus  (HPV), faktor genetik, pola hidup yang tak sehat, kurang menjaga kesebersihan organ intim kewanitaan. Agar tidak terjangkit kanker serviks lebih baik melakukan pencegahan. Ada beberapa cara untuk mencegah kanker serviks yang dapat anda lakukan. Dengan melakukan […]

Kanker serviks adalah jenis kanker terbanyak yang diderita wanita. Pemicu penyebab kanker serviks adalah infeksi virus Human Papilloma Virus  (HPV), faktor genetik, pola hidup yang tak sehat, kurang menjaga kesebersihan organ intim kewanitaan.

Agar tidak terjangkit kanker serviks lebih baik melakukan pencegahan. Ada beberapa cara untuk mencegah kanker serviks yang dapat anda lakukan. Dengan melakukan pencegahan akan membuat anda bisa terhindar dari penyakit yang berbahaya ini.

Cara Mencegah Kanker Serviks

1.Melakukan tes papsmear secara teratur.

Melakukan tes papsmear secara teratur akan membantu anda mengetahui risiko terkena kanker serviks. Selain itu, dengan melakukan papsmear secara teratur, kaetika kanker serviks muncul akan segera diketahui dan ditangani, sehingga tingkat keselamatan masih cukup tinggi.

2.Vaksin HPV

Melakukan vaksin HPV untuk mencegah infeksi HPV yang menyebabkan kanker serviks juga baik dilakukan. Vaksin HPV diketahui sebagai cara palaing efektif mencegah kanker serviks. Namun tidak hanya cukup dengan melakukan vaksin saja, anda juga harus menjaga kesehatan diri sendiri.

3.Tidak bergonta-ganti pasangan

Salah satu faktor penyebab munculnya kanker serviks adalah melalui infeksi HPV yang ditularkan saat berhubungan seksual. Risiko ini semakin tinggi ketika seseorang sering berganti-ganti pasangan. Terutama mereka yang tidak mengetahui pasangan memiliki virus HPV. Untuk itu, setialah pada satu orang dan jangan melakukan hubungan seksual sengan orang lain, selain pasangan anda.

4.Tidak terlalu aktif secara seksual di usia muda

Ada baiknya wanita menunggu untuk melakukan seksual dan aktif secara seksual. Penelitian mengungkapkan bahwa wanira yang telah aktif secara seksual diusia yang terlalu muda memiliki risiko terkena kanker serviks yang lebih tinggi dibandingkan dengan wanita yang menunggu aktif secara seksual di usia yang lebih tua.

5.Menerapkan pola hidup sehat

  • Melakukan kebersihan diri seperti : mencuci organ intim kewanitaan dengan air yang bersih dan rajin mengganti pakaian dalam jika sudah terasa lembab. Termasuk juga berhati-hatilah jika buang air kecil di perjalanan dengan tidak mencuci organ intim kewanitaan dengan sembarang air.
  • Hindari merokok. Penelitian menunjukan bahwa perokok wanita memiliki risiko 2x lebih besar untuk terkena kanker serviks.
  • Hindari terlalu sering mengkonsumsi makanan yang mengandung pengawet dan mulai mengkonsumsi makanan bergizi dan penuh nutrisi agar hormon tetap seimbang. Bahan makanan berpengawet dan mengandung MSG diyakini menjadi pemicu berkembangnya sel-sel kanker.
  • Perbanyak konsumsi sayuran seperti brokoli , wortel dan sebagainya. Brokoli memiliki kandungan vitamin B dan asam folat yang mampu menurunkan pertumbuhan sel kanker leher rahim. Kandungan glucoraphanin dan indole 3-carbinal merupakan senyawa antioksidan yang merupakan senyawa antikanker. Wortel dapat memperkuat imunitas tubuh sehingga mampu menaikan stamina penderita untuk melawan penyakit kanker dan dapat membersihkan darah serta melindungi tubuh dari radikal bebas. Selain itu perbanyak mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C dan E.
  • Olahraga secara rutin akan membuat metabolisme tubuh menjadi lancar. Orang yang memiliki metabolisme tubuh yang  baik akan sehat dan sel kanker sulit berkembang pada tubuhnya. Anda cukup melakukan olahraga ringan seperti jogging, push up.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *