Obat Miom Alami

Herbal alami, aman dan tanpa efek samping

Beberapa Penyakit Pada Sistem Reproduksi Wanita

beberapa penyakit pada sistem reproduksi wanita,- penyakit pada sistem reproduksi wanita banyak macamnya, apalagi organ reproduksi wanita lebih rentan terkena berbagai masalah kesehatan dibanding pria. Pada umumnya sistem reproduksi dapat disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah virus, bakteri, tumor atau memang karena difungsi organ reproduksi yang disebabkan oleh zat-zat kimia yang masuk dalam tubuh. Kali ini kita akan membahas tentang beberapa penyakit pada sistem reproduksi wanita.

sistem reproduksi wanita

Beberapa Penyakit Pada Sistem Reproduksi Wanita

1.Kista

Sebagain besar kista terbentuk karena perubahan kadar hormon yang terjadi selama siklus haid, produksi dan pelepasan sel telur dari ovarium. Kista merupakan suatu benjolan / tumor berisi cairan yang umumnya terbentuk seperti buah bertangkai. Kista dapat tumbuh dimana saja dan jenisnya bermacam-macam. Cairan kista bisa kental seperti gel (mukus), bisa juga cair (serous). Isi cairan bisa berupa air, darah, nanah atau cairan coklat kental.

2.Miom

Miom adalah sejenis tumor jinak pada rahim yang berasal dari otot rahim. Tumor tersebut letaknya pada alat reproduksi wanita. Miom dapat tumbuh satu atau lebih, bahkan ada juga yang sampai 30 buah dalam rahim. Miom memiliki ukuran yang berbeda-beda, ada yang berukuran sangat kecil ada juga yang berukuran besar bahkan sampai 30 kg. Faktor penyebab penyakit miom pada wanita diantaranya adalah faktor usia, faktor keturunan, hormon estrogen, pola makan yang tidak sehat, gaya hidup dan kebiaasan buruk. Penyakit miom dapat menyebabkan kualitas hidup seorang wanita berkurang seperti gangguan kesuburan. Bahkan bila wanita hamil terkena penyakit miom dapat menyebabkan keguguran dan prematuris.

3.Endometriosis

Endometriosis adalah keadaan dimana jaringan endometrium terdapat di luar uterus, yaitu dapat tumbuh di sekitar ovarium, oviduk, atau jauh di luar uterus. Gejala endometriosis adalah haid tidak teratur, pinggang terasa sakit dan nyeri pada masa haid, nyeri di perut bawah dan didaerah panggul.

4.Gangguan menstruasi

Gangguan menstruasi pada wanita digolongan menjadi 2 jenis yaitu amenore primer dan amenore sekunder. Amenore primer adalah tidak terjadinya menstruasi sampai usia 17 tahun dengan atau tanpa perkembangan seksual. Sedangkan amenore sekunder adalah tidak terjadinya menstruasi selama 3-6 bulan atau lebih pada orang yang tengah mengalami siklus mentruasi.

5.Kanker serviks

Kanker serviks adalah keadaan dimana sel-sel abnormal tumbuh diseluruh lapisan epitel serviks.

6.Kanker ovarium

Kanker ovarium memiliki gejala yang tidak jelas. Dapat berupa rasa berat pada panggul, perubahan fungsi saluran pencernaan atau mengalami pendarahan vagina abnormal.

7.Infeksi vagina

Infeksi vagina biasanya menyerang wanita pada usia yang produktif khususnya bagi mereka yang telah memiliki pasangan dan aktif melakukan kegiatan seksual. Gejalanya adalah kuputihan berlebih dengan bau yang sangat menyengat dan disertai rasa gatal.

8.Kanker payudara

Kanker payudara adalah salah satu penyakit reproduksi pada wanita. Meski pria juga memiliki payudara, namun penyakit ini lebih rentan menyerang wanita sebab jaringan lemak pada payudara wanita lebih besar jika dibandingkan dengan pria.

Demikian beberapa penyakit pada sistem reproduksi wanita, semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda seputar penyakit pada sistem reproduksi wanita. Sedikit tips untuk menjaga kesehatan reproduksi wanita yaitu rajin berolahraga, hindari stres, perbanyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang kaya akan antioksidan, sering-seringlah mengganti pembalut terutama pada awal haid biasanya banyak mengeluarkan darah, dan sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *